fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Cara Sederhana Hindari Potensi Bahaya Gangguan Listrik Saat Cuaca Ekstrem

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Sulawesi Selatan saat ini telah memasuki musim transisi dari kemarau ke penghujan. Sejumlah potensi bencana hidrometeorologi berpotensi terjadi. Cuaca ekstrem di musim hujan dianggap bisa menimbulkan banyak dampak. Seperti banjir, angin kencang bahkan tanah longsor. 

Potensi bencana ini akan mempengaruhi, termasuk masalah listrik. “Saat musim penghujan, perubahan cuaca ekstrem bisa terjadi. Persiapan yang cukup sangat diperlukan karena dapat membantu kita terhindar dari potensi bahaya yang mungkin terjadi,” tulis pesan edukasi dilansir dari akun resmi Instagram PLN UID Sulselrabar, Kamis, 25 Januari 2024.

Baca juga:  DPRD Kota Makassar Ciptakan Aplikasi eRO’TA

Ini cara melindungi diri dari potensi bahaya gangguan kelistrikan. Pertama, kita mesti lebih hati-hati dan menghindari untuk berteduh di bawah instalasi listrik. Hal ini dapat membahayakan jiwa. Jadi mesti dipahami. Berikutnya, matikan perangkat listrik non esensial seperti colokan yang tak dipergunakan.

ADVERTISEMENT

Kemudian, bila terjadi banjir cara sederhana yang bisa kita praktikkan adalah penggunaan sepatu boot berbahan karet, matikan semua perangkat listrik di dalam rumah, pindahkan perangkat listrik ke tempat yang lebih tinggi dan dianggap aman. Terakhir, jangan sentuh tiang listrik atau tiang penerangan jalan. 

Baca juga:  Cara Kementan Pulihkan Sejumlah Daerah Terdampak Banjir-Longsor di Sulsel

Semua tips tersebut sebenarnya cukup sederhana untuk diterapkan bila suatu waktu bencana melanda lingkungan tempat kita tinggal. Artikel ini berupaya mengingatkan kita semua tentang pentingnya keselamatan di tengah potensi ancaman bahaya sistem kelistrikan di musim cuaca buruk yang terjadi seperti saat ini.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Jadwal Lengkap Piala Presiden 2024

Turnamen pramusim paling dinanti di Indonesia, Piala Presiden 2024, akan segera dimulai pada 19 Juli 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT