fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Cerita Indra Sjafri Rasakan Iklim Sepak Bola Amatir di Belanda

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Jakarta – Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri punya cerita sendiri sekaligus terkesimah saat merasakan iklim sepak bola amatir di Belanda. Pelatih Timnas Garuda Muda junior itu mengikuti lanjutan kursus direktur teknik yang berjudul FIFA Technical Leadership Diploma (TLD). 

Kursus FIFA TLD yang diikuti oleh 24 peserta dari 23 negara ini baru pertama kali nya diadakan dan sudah memasuki blok ke-3 dari total 4 blok yang akan dijalankan selama 18 bulan sejak bulan Mei 2023.

Sebelumnya pada blok 1 dilaksanakan di Brasil dan blok 2 dilaksanakan di Jepang. Kursus yang bertempat di KNVB Kampus, Zeist, Netherland ini berlangsung selama dari tanggal 6 hingga 11 Mei 2024.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Pidato Sidang MPR, Jokowi: Saya Bukan Lurah, Saya Presiden RI

Dari total lima tema besar yang diangkat pada kursus ini, blok ke-3 mengangkat tema sepak bola amatir. Keempat tema lainnya yaitu Leadership, High Performance, Coaching Education dan Management.

Belanda merupakan negara yang sangat baik untuk dapat dijadikan contoh dalam menangani sepak bola Amatir. Dengan memiliki lebih dari 3000 klub yang terdaftar di bawah KNVB sehingga dapat terlaksana lebih dari 30000 pertandingan setiap pekannya.

Baca juga:  STY Tekankan Hal Penting Ini Jelang Laga Timnas Hadapi Qatar di Piala Asia U-23 Malam Ini

Indra Sjafri juga berkesempatan mengunjungi beberapa klub yang ada di Belanda yaitu Sparta Rotterdam dan USV Hercules yang tetap eksis berdiri sejak tahun 1882. Kedua klub tersebut memberikan presentasi yang luar biasa bagaimana mereka memiliki ekosistem dan koneksi yang sangat baik antara sepak bola amatir dan profesional.

ADVERTISEMENT

“Selain itu para peserta juga berkesempatan mendapatkan materi tentang Child Safeguarding, Good Governance serta bagaimana sepakbola grassroots dikembangkan di UEFA,” tulis keterangan yang dilansir dari laman resmi PSSI, Rabu, 15 Mei 2024

Diluar teknis sepakbola, Indra Sjafri juga mendapat tambahan materi penunjang kepemimpinan lainnya seperti kemampuan bernegosiasi, kemampuan mempengaruhi orang lain dan kemampuan melakukan refleksi diri.

Baca juga:  Peringatan! Jemaah Umrah Indonesia di Arab Saudi, Segera Pulang karena Hal Ini

Kursus ini masih akan berlanjut hingga blok ke-4 yang akan dilaksanakan di Zurich, Swiss pada bulan Desember mendatang. Sebagai tugas akhir, Indra Sjafri akan mempresentasikan Transformasional Project nya di depan para petinggi FIFA. 

ADVERTISEMENT

Apabila telah melewati semua penilaian dengan baik, Indra Sjafri akan dianugerahi sertifikat oleh Transcend Award Level 6 sebagai partner FIFA dalam menyelenggarakan kursus Technical Leadership Diploma edisi pertama.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

5818 Calon Mahasiswa Baru Unhas Lolos UTBK SNBT 2024

Sebanyak 5818 calon mahasiswa baru Universitas Hasanuddin berhasil lolos dalam proses Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) tahun 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT