fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Cerita Tentang Kantor Pos Tertua di Kota Makassar 

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Kota Makassar tak pernah lepas dengan sejarah perkembangan peradaban masa lampau. Kota Daeng menyimpan banyak jejak sejarah peninggalan arkeologi. Khususnya pada zaman kolonial. Salah satu dari sekian banyak bangunan bersejarah di kota ini, adalah Kantor Pos Unit Divisi Paket. 

Lokasinya terletak di Jalan Balai Kota, bersebelahan dengan Gereja Immanuel, tepat di depan bangunan bagian samping Kantor Balai Kota Makassar. Dilansir sebagian dalam buku Bangunan Bersejarah di Kota Makassar, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Makassar, Sabtu, 23 Maret 2024, Kantor Pos Unit Divisi Paket adalah salah satu bangunan tertua di daerah ini. 

Baca juga:  Ini Jadwal Final Liga 1, Persib Bandung Vs Madura United

Kantor ini dibangun pemerintah kolonial sejak 1925 dengan nama Post Cantoor. Pada awalnya, kantor pos ini difungsikan sebagai sarana untuk memperlancar korespondensi orang-orang Eropa di Makassar. Kemudian sejalan dengan perkembangan zaman, maka kantor ini difungsikan sebagai Kantor Pos Unit Divisi Paket yang dipugar tahun 1992.

ADVERTISEMENT

Post Cantoor adalah istilah untuk kantor pos atau pos kantor di Indonesia. Kantor pos di Makassar merupakan bagian dari sistem pos yang telah ada sejak zaman kolonial Belanda. Pada saat itu, kantor pos berfungsi sebagai tempat pengiriman dan penerimaan surat dan paket, serta menyediakan layanan telegraf dan telepon. 

Baca juga:  F8 Makassar Masuk Top 10 KEN Kemenparekraf, Ini Keunggulannya

Selama masa kolonial, kantor pos Makassar menjadi bagian penting dalam menyediakan komunikasi dan sarana pengiriman informasi antara pulau-pulau di Indonesia dan ke luar negeri. Seiring perkembangan zaman, peran kantor pos di Makassar telah berkembang menjadi lebih modern dengan penggunaan teknologi komunikasi yang lebih maju seperti internet dan layanan pos elektronik. 

Baca juga:  UMK Makassar Naik, Dewan Minta Pertimbangkan Kekuatan APBD

Meskipun begitu, kantor pos di Makassar masih berperan penting dalam menyediakan layanan pengiriman surat dan paket serta menjadi titik penghubung komunikasi bagi masyarakat lokal dan internasional. Seiring dengan perkembangan zaman, kantor pos di Makassar juga sudah tersebar di berbagai wilayah. 

ADVERTISEMENT

(Foto: mapio.net)

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Grand Opening Modena Home Center di Rolling Hills Makassar

Modena Home Center membuka cabang baru di Kota Makassar
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT