fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Ciri-ciri Oli Sepeda Motor Harus Diganti

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS – Pelumas atau oli yang digunakan pada sepeda motor diganti secara berkala. Hal ini agar oli yang baik bisa terus melindungi komponen mesin.

Kualitas dan volume oli mesin akan menurun seiring pemakaian. Sehingga jika tidak menggantinya secara berkala dua hal itu bisa menjadi bumerang bagi mesin kendaraan. Karena itu jangan sampai masalah muncul pada komponen mesin karena kita tidak rutin mengganti oli.

Baca juga:  Tips Jitu Agar Kampas Ganda Motor Matic Awet

Ada 4 Ciri yang dapat menjadi ukuran bahwa oli motor sudah harus diganti. Berikut diantaranya seperti dikutip dari CNN Indonesia:

ADVERTISEMENT

Jarak tempuh sudah tercapai

Salah satu ciri mudah mendeteksi oli harus diganti dengan mengikuti jarak tempuh sepeda motor. Pemilik motor disarankan mengikuti batas jarak tempuh dan waktu penggunaan atau penggantian sesuai dengan yang ditentukan pada buku panduan.

Pemilik biasanya mengganti pelumas setelah motor menempuh jarak 2.000 km dan maksimal 3.000 km.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Jangan Anggap Sepele, Ini Pentingnya Wiper Kaca Belakang Mobil

Oli berkurang

Periksa jumlah oli yang tersedia di tabung penyimpanan apakah masih sesuai ambang batas yang ditentukan. Bila sudah mulai berkurang segera lakukan pengganti oli baru.

Warna hitam pekat

ADVERTISEMENT

Periksa warna dan kualitas oli yang tersisa, kalau sudah berubah warna menjadi hitam, pemilik disarankan mengganti dengan oli yang baru sesuai rekomendasi pabrikan. Warna ini artinya oli berhasil membersihkan kerak sisa pembakaran dalam mesin.

Baca juga:  Jangan Dicuekin, Ini Cara Merawat Jok Motor

Performa mesin menurun dan mesin kasar

Performa mesin turun menjadi tanda-tanda oli harus segera diganti. Dalam hal ini pemilik akan merasakan perbedaan mesin. Selain itu suara mesin akan terdengar lebih kasar. Mesin terdengar lebih kasar karena kualitas oli sudah menurun.

Baca berikutnya: Cara Mudah Merawat Motor Sendiri di Rumah

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Kilas Balik Bangunan Awal Masjid Raya Makassar yang Mirip Pesawat Perang Dunia II

Konstruksi awal bangunan Masjid Raya Makassar yang berdiri pada Agustus 1949 ini menyerupai badan pesawat di Perang Dunia II.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT