fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Dampak Pandemi, Pariwisata Sulsel Masih Lesu di Oktober

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS, MAKASSAR – Perkembangan sektor pariwisata Sulawesi Selatan (Sulsel) belum mengalami kemajuan signifikan hingga Oktober 2020.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel, Yos Rusdiansyah, menjelaskan sejak masuk masa pandemi Covid-19, tidak ada kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) di Sulsel.

“Sudah 7 bulan tidak ada kunjungan wisatawan mancanegara. Meskipun tadi kita mendengar untuk level nasional ada kunjungan wisatawan yang boleh masuk di Bandara Soekarno Hatta,” jelasnya.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Sektor Pertanian Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Sulsel Pasca Pandemi

Kunjungan wisman secara kumulatif hingga Oktober 2020 turun 75,12 persen dibandingkan 2019 lalu. Dimana kunjungan wisata di tahun 2020 langgeng diangka 3.672. Angka tersebut berbeda jauh dari kunjungan wisman di tahun 2019 yang mencapai 17.771 pengunjung.

“Tahun ini jumlahnya masih sama, yaitu 3.672. Jauh sekali dari cacatatan kami dari tiga tahun sebelumnya,” paparnya.

Baca juga:  Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Sulsel Turun 26 Persen

Menurut Yos Rusdiansyah, salah satu indikator yang penting adalah tingkat penghunian kamar hotel berbintang. Karena, menyangkut perkembangan ekonomi per triwulan.

ADVERTISEMENT

“Jadi harapannnya tingkat hunian kamar bisa membaik di sisa waktu November dan Desember untuk menjadi catatan kami di perkembangan ekonomi triwulan empat 2020,” ucapnya.

Berdasarkan catatan, Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel klasifikasi bintang di Sulsel pada Oktober 2020 turun 4,11 poin. TPK pada September 2020 mencapai 38,38 persen, sementara Oktober 2020 menjadi 34,27 persen.

Baca juga:  November 2020, Nilai Tukar Petani Sulsel Naik Tipis

Sementara untuk Oktober 2019 TPK mencapai 53,35 persen, angka ini turun 19,08 poin dari TPK hotel Klasifikasi bintang pada bulan Oktober 2020.

ADVERTISEMENT

Rata-rata lama menginap tamu asing dan domestik pada hotel klasifikasi bintang di Sulsel selama Oktober 2020 masing-masing adalah 2,68 hari dan 1,51 hari.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Silaturahmi Momen Iduladha, Ini Sederet Hal yang Jadi Atensi Pj Gubernur dan Kapolda Sulsel

Pj Gubernur Prof Zudan Arif Fakrulloh, memanfaatkan momen hari raya Iduladha ini untuk bersilaturahmi dengan Forkopimda.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT