fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Dampak Pengetatan PPKM, Pengamat: Ancaman PHK dan Kriminalitas

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS, MAKASSAR – Pengamat Ekonomi dari Universitas Bosowa Makassar, Dr A Arifuddin Manne menilai, kebijakan pemerintah memberlakukan pembatasan jam malam hingga pukul 20.00 berdampak terhadap sosial masyarakat.

Ia mengatakan, dampak sosial yang bisa saja terjadi di masyarakat, jika kebijakan ini dibarengi dengan tekanan adalah meningkatnya kriminalisasi dan konflik sosial karena perputaran ekonomi tidak berjalan.

Baca juga:  Progres 58,92 Persen, Pelindo IV Ngebut Pembangunan MNP

“Akan berdampak terhadap sosial masyarakat seperti meningkatnya kriminalitas seperti perampokan, pembegalan, pencurian dan penipuan yang pada akhirnya konflik sosial sesama masyarakat akan terjadi kalau kebijakan ini dibarengi dengan tekanan, intimidasi dan diskriminasi,” terangnya kepada Layar.news, Kamis (24/6/2021).

ADVERTISEMENT

Selain itu, Dekan Fakultas Ekonomi Unibos ini mengatakan kebijakan ini hanya menindaki para pengusaha kecil yang pendapatannya sangat minim di tengah pandemi.

Baca juga:  Sulsel Ekspor 5 Ton Gula Merah Cair ke Turki Bulan Ini

“Yang ditindak itu hanya usaha kecil, khususnya pada usaha kecil yang beroperasi pada malam hari seperti penjual sarabba, kuliner, warkop dan UMKM menengah kecil lainnya, sehingga dampaknya kejahatan semakin banyak,” terangnya.

Masalah lain terhadap penerapan PPKM ini adalah terjadinya kontraksi ekonomi. Menurutnya, perekonomian saat ini sudah terdampak negatif, bahkan sebelum PPKM diperketat.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Peneliti India Temukan Golongan Darah yang Kebal Terhadap Covid-19

“Pasti menimbulkan masalah pada perekonomian, karena sebenarnya sudah ada perbaikan ekonomi sebelum diterapkannya PPKM secarah ketat, karena sejak beberapa bulan terakhir perkantoran, kampus, mal dan tempat pariwisata sudah mulai buka,” ujarnya.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

NasDem Tancap Gas, Siapkan Fatmawati Rusdi di Pilkada Makassar

Mantan Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi didapuk oleh Partai NasDem untuk bersaing dalam Pilkada Makassar 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT