fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Denny JA Respons Hasil Survei Anies yang Disomasi NasDem: Lebay banget sih elu ini

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS — Denny JA menyebut Partai NasDem lebay karena melayangkan somasi terhadap survei LSI Denny JA gegara hasil riser elektabilitas Anies Baswedan cuma 5 persen di Sumatera Utara.

Denny kemudian meminta agar hasil survei dibantah dengan hasil survei lainnya. Ia menilai tak seharusnya hasil penelitian dilawan dengan proses hukum.

“Hasil riset sebaiknya juga dibantah oleh hasil riset. Jika hasil riset dibantah oleh somasi hukum, itu akan dikenang oleh sejarah, dan negara demokrasi luar negeri, sebagai, ucapan anak gaul sekarang, ‘lebay banget sih elu ini,’,” kata Denny melalui keterangan tertulis, Kamis, 12 Oktober 2023.

ADVERTISEMENT

Denny mengaku sudah terbiasa menghadapi hal seperti ini. Dia berkata pihak yang disebut unggul akan memuji survei. Sebaliknya, pihak yang sedang tertinggal akan menuduh survei diatur kepentingan politik tingkat tinggi.

Baca juga:  Harmoni Budaya, Spektakulernya Pagelaran Seni Afrika-Makassar 2024

Dia menyarankan semua pihak menghadapi Pilpres 2024 dengan santai. Menurut Denny, semua pihak bisa mengecek kredibilitas survei dari tiga hal.

Pertama, rekam jejak lembaga survei. Dia berkata LSI Denny JA adalah lembaga survei tertua di Indonesia.

ADVERTISEMENT

Kedua, kredibilitas lembaga survei yang bisa dilihat dari pencapaian. Dia menyebut LSI Denny JA sudah menorehkan prestasi dengan berbagai penghargaan internasional.

“Tips ketiga, survei juga harus dilihat dalam kerangka waktu. Survei itu hanyalah potret ketika saat survei itu dilakukan. Waktu yang berbeda dapat pula menghasilkan survei yang berbeda,” ujarnya.

Baca juga:  Ketua Dekranasda Makassar Sambut Kunjungan TP PKK Pusat dan TP PKK Sulsel

 Dia mencontohkan dengan survei Pilkada DKI Jakarta 2017 yang digelar LSI Denny JA. Pada Januari 2017, LSI Denny JA menyebut Anies-Sandi berada di urutan ketiga. Tiga bulan setelahnya, survei LSI Denny JA memotret peluang kemenangan Anies-Sandi.

ADVERTISEMENT

“Mengapa LSI Denny JA di pilkada 2017, mengumumkan posisi Anies yang berbeda antara bulan Januari ke April? Itu karena elektabilitas Anies sendiri memang berubah di lapangan. Survei yang kredibel mampu memotret perubahan itu,” ujar Denny.

Sebelumnya, Badan Advokasi Hukum (BAHU) DPW Partai NasDem Sumatera Utara menyomasi LSI Denny JA atas survei terbaru mereka.

Baca juga:  DWP Kota Makassar Cegah Penyakit TBC Sejak Dini

Pada survei itu, LSI Denny JA menyebut elektabilitas Anies di Sumatera Utara cuma 5 persen. Ganjar Pranowo punya elektabilitas 65 persen, sedangkan Prabowo 30 persen.

Ketua DPW NasDem Sumut Iskandar ST menilai 20 dari 33 kabupaten/kota di Sumatera Utara adalah basis pendukung Anies. Survei internal NasDem juga mengungkap hasil berbeda dari survei LSI Denny JA.

“Kami meminta dengan tegas kepada LSI Denny JA untuk menyampaikan bagaimana penerapan dan metodologi yang dilakukan dalam survei tersebut,” kata Iskandar di Auditorium DPW NasDem Sumut, Senin (9/10).

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Sosialisasi Operasi Patuh Pallawa 2024 di Makassar Hingga ke Warkop

LAYAR NEWS, Makassar - Memasuki hari ketiga Operasi Patuh Pallawa 2024, Satuan Lalu Lintas Polrestabes Makassar melaksanakan sosialisasi kepada...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT