fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Di Sulsel Daerah Ini Genjot Inseminasi Buatan untuk Tingkatkan Produksi Sapi

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Wajo – Kabupaten Wajo merupakan salah satu daerah di Indonesia yang aktif mengimplementasikan program Inseminasi Buatan (IB) pada peternakan sapi. Daerah ini juga menjadi yang wilayah terbesar kedua di Sulsel dengan produksi sapinya.

IB adalah metode reproduksi ternak sapi yang dilakukan secara buatan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas populasi ternak. Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, terus mendorong peningkatan ternak di Wajo. 

Baca juga:  Komisi C DPRD Makassar Hentikan Sementara Produksi PT Wahyu Pradana

“Di Kabupaten Wajo populasi ternak (sapi) 139.000 ekor. Wajo itu terbesar kedua setelah Bone. Fokus kami tahun ini di bidang peternakan termasuk inseminasi buatan,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (PKP) Wajo, Ashar, dilansir dari laman resmi Pemprov Sulsel, Sabtu, 10 Februari 2024.

ADVERTISEMENT

Pemprov juga sudah menyerahkan bantuan berupa cool box vaksin sebanyak 20 kotak, obat cacing 3.600 bolus, multivitamin 385 bungkus, imbuhan pakan 1.450 kg, obat-obatan 468 botol dan disinfektan 1.000 botol.

Baca juga:  Pekerja Migran Ilegal Menjamur di Sulsel, Begini Cara Mencegahnya

“Jadi dengan bantuan dari Pak Gubernur inseminasi buatan dan vaksin serta obat-obatan bisa kita lebih tingkatkan lagi kedepannya,” sebutnya.

Selain bantuan tersebut, ia berharap, petugas inseminasi buatan juga perlu dilindungi dengan asuransi, karena resiko kerja. Adapun para peternak merasa terbantu dengan hadirnya program inseminasi buatan.

ADVERTISEMENT

“Program ini sangat bagus karena sapi kami berkembang dari sapi Bali, sapi saya sekarang ada Limosin, Simental dan Brahma,” ucap peternak, Mappiasse.

Baca juga:  Layanan Samsat di Sulsel Tetap Buka di Masa Libur Panjang

“Kalau masalah penjualan, sapi biasa dengan sapi IB, jauh lebih mahal yang IB,” tambah peternak lainnya, Muhammad Tang.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Tiga Nama Calon Bupati Takalar Bersaing Dapatkan Rekomendasi PPP

Layar.news, Takalar - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Takalar bakal segera mengeluarkan surat rekomendasi dukungan calon bupati Takalar.Ketua DPC PPP...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT