fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Dinas Pertanahan Makassar Akui Aset Lahan Sekolah Belum Bersertifikat

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS, MAKASSAR – Kepala Dinas Pertanahan Kota Makassar, Ahmad Namsum mengakui lahan dua sekolah yang kalah gugatan di tingkat Mahkamah Agung (MA) belum memiliki sertifikat.

Sehingga Pemkot Makassar tidak bisa membuktikan bahwa lahan tersebut benar milik pemerintah.

Diketahui, Pemkot Makassar kalah gugatan di Mahkamah Agung (MA) terkait dua aset lahan sekolah dasar (SD) di Makassar. Tepatnya SD Pajjaiang dan SD Pajjaiang 1 di Sudiang, Kecamatan Biringkanaya, Makassar.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Di Hadapan Mendagri, Danny Pomanto Komitmen Wujudkan Makassar Bebas Korupsi

“Yang dua sekolah ini tercatat sebagai aset kita tetapi karena mungkin dasar pencatatan tidak kuat sehingga kalah,” ujar Ahmad Namsum.

Ahmad Namsum juga mempertanyakan penggugat. Pasalnya, penggugat baru mengajukan gugatan setelah puluhan tahun dua aset lahan sekolah dasar tersebut dikuasai Pemkot Makassar.

“Tapi ada satu hal yang perlu dicatat sekolah ini baik SD inpres maupun SD negeri sudah puluhan tahun dikuasai Pemkot berfungsi sebagai sekolah, kenapa baru sekarang ada yang gugat?” jelasnya.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Temuan Reses DPRD Makassar, Masalah Drainase Hingga Air Bersih

Dia menegaskan bahwa dua aset lahan SD tersebut sebelum dibanguni sekolah pemilik lahan telah mewakafkan lahannya. Selain itu sudah ada kesepakatan antara Pemkot Makassar dengan pemilik lahan sebelum diwakafkan.

“Contohnya kesepakatan itu pemilik lahan mengatakan silahkan pake lahan saya untuk dibanguni sekolah dengan catatan salah satu keluarga saya menjadi bagian dari pengelola sekolah,” paparnya.

Baca juga:  Pelantikan Pejabat Eselon III Makassar, Wajah Lama di Kursi Baru

Kesepakatan tersebut yang menjadi dasar pencatatan lahan tersebut masuk sebagai aset Pemkot Makassar, meskipun belum terlalu kuat dijadikan dasar hukum.

ADVERTISEMENT

“Tetapi kita tahu sekolah yang namanya inpres banyak yang diwakafkan oleh pemilik lahan,” pungkasnya.

Baca berikutnya: Pemkot Makassar Bentuk Tim Selamatkan Aset

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Tiga Nama Calon Bupati Takalar Bersaing Dapatkan Rekomendasi PPP

Layar.news, Takalar - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Takalar bakal segera mengeluarkan surat rekomendasi dukungan calon bupati Takalar.Ketua DPC PPP...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT