fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Dinkes Makassar Maksimalkan Layanan Kesehatan Lewat Armada Dottoro’ta

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Kesehatan kembali mengambil langkah inovatif untuk meningkatkan akses layanan kesehatan bagi masyarakat.

Kali ini, Dinas Kesehatan meluncurkan armada mobil Dottoro’ta untuk memberikan pelayanan kesehatan yang lebih maksimal kepada warga Kota Makassar.

Peluncuran mobil ini diresmikan langsung oleh Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto didampingi Kepala Dinas Kesehatan Nursaidah Sirajuddin di Anjungan Pantai Losari, Selasa (10/10/2023).

ADVERTISEMENT

Armada mobil Dottoro’ta adalah sebuah inisiatif revolusioner yang menghadirkan layanan kesehatan langsung ke rumah-rumah warga. Layanan ini juga merupakan bentuk maksimalisasi layanan home care yang sudah ada sebelumnya.

Baca juga:  Dokter Udin Malik Serahkan Penghargaan kepada Lulusan Terbaik Teknik UIM

“Di Puskesmas saat ini ada 2 mobil, yaitu ambulans dan Dottoro’ta. Ini adalah armada versi baru. Mobil Dottoro’ta inilah yang akan turun jemput bola ke masyarakat, sesuai inovasi walikota terkait pelayanan 24 jam ke rumah,” ungkap Nursaidah.

Salah satu tujuan utama program ini adalah untuk meningkatkan aksesbilitas layanan kesehatan, terutama bagi warga yang mungkin sulit untuk datang ke fasilitas kesehatan tingkat pertama atau Puskesmas.

ADVERTISEMENT

Dengan armada Dottoro’ta, dokter dan perawat yang terampil dapat mengunjungi pasien di rumah mereka, memberikan diagnosis, perawatan, dan bahkan melakukan tindakan medis sederhana jika diperlukan.

Baca juga:  Ketua DPR RI Tegaskan Indonesia Berdaulat Harus Miliki Militer Tangguh

“Setiap Puskesmas akan membentuk tim sendiri. Jumlah timnya bergantung pada kesiapan SDM dan luasan area yang dicover. Setiap tim, terdiri atas 3 orang, yaitu dokter, perawat, dan sopir,” jelasnya.

Armada ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa peralatan medis seperti EKG mobile, infus, oksigen, hingga monitor tablet yang menampilkan maps untuk mempercepat akses ke masyarakat yang membutuhkan layanan.

ADVERTISEMENT

Diketahui, ada 47 unit armada Dottoro’ta yang diluncurkan. Masing-masing armada akan disiagakan di 47 Puskesmas yang ada di Kota Makassar. Armada yang digunakan sendiri adalah mobil listrik.

Baca juga:  KRI Marlin-877 Perkuat Sektor Keamanan Perairan Makassar

“Konsep mobilnya sendiri yang agak kecil agar bisa menjangkau lorong-lorong di Makassar dan juga ramah lingkungan karena berbahan bakar listrik, sesuai instruksi presiden,” tuturnya.

Hadirnya armada Dottoro’ta ini menunjukkan bahwa Dinas Kesehatan Kota Makassar memiliki visi yang kuat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pelayanan kesehatan yang inovatif dan inklusif.

Program Dottoro’ta adalah langkah nyata dalam mencapai tujuan tersebut, dan diharapkan akan menjadi model bagi kota-kota lain di Indonesia untuk menghadirkan layanan kesehatan yang lebih dekat dengan masyarakat.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Baintelkam Mabes Polri Cek Senpi di Lapas Makassar

LAYAR NEWS, Makassar – Dalam rangka pengawasan inventaris terkait kepemilikan senjata api (senpi) Badan Intelijen Keamanan (Baintelkam) Mabes Polri...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT