fbpx
No menu items!

Diperketat, Berikut Aturan Lengkap PPKM Skala Mikro

Promo

LAYAR.NEWS – Pemerintah memutuskan untuk memperketat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro selama 14 hari, terhitung sejak 22 Juni hingga 5 Juli 2021.

Langkah tersebut diputuskan dalam rapat terbatas yang dihadiri Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, serta sejumlah menteri dan kepala lembaga terkait pada Senin (21/6/2021).

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) yang juga Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan bahwa penguatan PPKM mikro dilakukan dengan mengatur pembatasan kegiatan berdasar pada zonasi risiko Covid-19. Setidaknya, terdapat 11 sektor yang diatur secara khusus.

Baca juga:  Kota Makassar Termasuk, Berikut Sebaran Zona Merah di Indonesia

“Jadi itu mengatur kegiatan kemasyarakatan dan kedisiplinan masyarakat di 11 sektor,” kata Airlangga, seusai rapat terbatas pada Senin lalu yang dikutip dari Kompas.com.

Adapun ketentuan tentang penguatan PPKM mikro yang telah dirumuskan tersebut dituangkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 14 Tahun 2021 yang ditandatangani Mendagri Tito Karnavian pada 21 Juni 2021.

Rincian 11 Sektor yang dibatasi meliputi:

Perkantoran

Airlangga mengatakan, kegiatan perkantoran di zona merah atau risiko tinggi Covid-19 wajib menerapkan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah bagi 75 persen karyawan.

Baca juga:  Pendaftaran CPNS 2021 Tinggal 3 Hari, 10 Instansi Ini Sepi Peminat

Hanya 25 persen karyawan yang boleh bekerja dari kantor atau work from office (WFO). Sementara, kantor yang berada di luar zona merah, WFH dan WFO diterapkan 50 persen banding 50 persen karyawan.

“K/L (kementerian/lembaga) sudah ada surat edaran daripada Menpan RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi), demikian pula untuk pengaturan BUMN dan BUMD,” ujar Airlangga.

Baca juga:  Perpanjangan PPKM Level 4, Mal Tetap Tutup

Dianjurkan untuk memberlakukan WFH secara bergilir agar tidak ada karyawan yang diam-diam melakukan perjalanan keluar daerah selama masa WFH.

Nantinya, ketentuan terkait WFH akan WFO akan diatur lebih lanjut oleh kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Danny Tegaskan Soal Aturan Berkendara Saat PPKM Level IV

Danny Pomanto menegaskan aturan perjalanan selama PPKM Level IV di Makassar hanya menyasar pada transportasi umum.

Populer

Berita Terkait