fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Disdag Sulsel Target Peningkatan Ekspor 25 Persen Tahun Ini

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS, MAKASSAR – Dinas Perdagangan (Disdag) Sulawesi Selatan (Sulsel) mencatat ekspor tahun 2021 Sulsel mengalami peningkatan 21 persen dari tahun 2020.

Adapun nilai ekspor yang diperoleh Sulsel pada tahun 2021 mencapai Rp23 triliun.

Kepala Dinas Perdagangan Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo mengatakan untuk tahun 2022 pihaknya menargetkan peningkatan ekspor sebesar 25 persen.

ADVERTISEMENT

“Ini sesuatu hal yang luar biasa karena di tengah pandemi ini kita mampu meningkatkan ekspor kita. Kita berharap tahun 2022 ini semakin meningkat ekspor kita. Kita canangkan peningkatan 25 persen. Tidak muluk-muluk,” ujar Ashari.

Baca juga:  Rayakan HUT ke 11, Wisma Kalla Gelar Aksi Sosial

Lanjut Ashari menjelaskan penyebab ekspor Sulsel dapat tumbuh meskipun masih dalam kondisi pandemi. Pertama, tentunya koordinasi yang baik lintas stake holder yang terkait dengan kegiatan ekspor.

“Kita menjaga ritme ekspor dengan cara melakukan komunikasi yang baik dengan teman-teman semuanya,” kata Ashari.

ADVERTISEMENT

Kemudian, karena ada beberapa kemudahan yang diperoleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam menembus penerbangan langsung ke beberapa negara.

“Selama pandemi itukan penerbangan langsung ke Singapura itu kan ditutup, tapi alhamdulillah bisa kita buka kembali. Kemudian direct langsung ke Hongkong kita tembus, ini adalah hal yang luar biasa menurut saya karena kita mampu membangun jaringan seperti demikian,” jelas Ashari.

Baca juga:  Wakil Bupati Pangkep Resmi Lepas Rombongan Kirab Pelajar Andalan

Ashari mengaku optimis dalam mencapai target ekspor di tahun 2022 ini. Pasalnya, Pemprov Sulsel tengah memperbaiki infrastruktur yang dapat mendung kegiatan ekspor.

ADVERTISEMENT

Seperti Makassar New Port, lanjutan pembangunan Kereta Api, dan perluasan bandara. Tentunya infrastruktur penghubung ini akan mempermudah eksportir Sulsel mendistribusikan produknya.

“Perluasan bandara ini semakin memberikan kemudahan-kemudahan bagi eksportir kita. Juga buyer kita yang datang semakin diberikan kemudahan,” kata Ashari.

Baca juga:  Ekonomi Sulsel Tumbuh 7,66 persen di Tengah Pandemi

Selain itu, Pemprov Sulsel diketahui juga tengah membangun Dryport di dua kabupaten yakni Jenepoto dan Sidrap. tujuan pembangunan Dryport ini untuk memangkas biaya perjalanan produk eskpor pelaku UMKM ke Kota Makassar.

“Kami yakin tahun 2022 ini bisa terwujud, dan kita berharap bisa meningkatkan ekspor kita,” harap Ashari.

Baca berikutnya: Atasi Kelangkaan, Sulsel Suplai Minyak Goreng Curah dari Surabaya

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Kemenag Sulsel Didesak Tertibkan Travel Haji yang Rugikan Masyarakat

LAYAR NEWS, Makassar - Ketua Komisi I DPRD Sidrap, Ahmad Shalihin membeberkan bahwa pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini,...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT