fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Distribusi Logistik Hingga Evakuasi Pasien Wilayah Terisolir di Luwu Pakai Helikopter

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat terdampak banjir dan tanah longsor di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan berjalan dengan baik. 

Terkendala dengan kondisi jalur darat akibat terdampak tanah longsor, BNPB memaksimalkan operasi udara menggunakan helikopter untuk mendistribusikan bantuan logistik maupun evakuasi warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan intensif di daerah terisolir.

Khususnya di Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu. Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Mayjen Fajar Setyawan menerangkan bahwa saat ini terdapat delapan desa yang bisa diakses, tujuh desa melalui udara dan satu desa melalui jalur darat.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  KJPP Desak DPRD Sulsel Suarakan Penolakan RUU Penyiaran ke Pusat

“Hasil evaluasi setelah kami berkunjung langsung, terdapat tujuh desa yang bisa diakses helikopter yaitu Desa Pajang, Ulusalu, Boneposi, Tolajo, Pangi, Buntu Sarek dan Rante Balla. Terdapat satu desa yang sudah bisa diakses jalur darat yaitu Desa Kadundung,” kata Fajar dalam siaran pers BNPB yang diterima jurnalis Rabu, 8 Mei 2024.

Terbukanya akses pada delapan desa tersebut membuat distribusi logistik terbatas telah sampai kepada masyarakat serta mampu mengevakuasi masyarakat untuk mengungsi. Selain itu masih terdampak empat desa yang belum dapat diakses, antara lain Desa Lambanan, Tibussan, Tabang dan Tobaru. 

Baca juga:  Saat Pindah Memilih, Ini Surat Suara yang Bisa Didapatkan

Fajar menyatakan pihaknya bersama unsur terkait akan melakukan distribusi logistik dan evakuasi warga terdampak di Desa Tibussan. “Kami akan mendaratkan helikopter di Desa Tibussan, tentunya untuk mengantar logistik dan evakuasi warga yang utamanya dalam kondisi sakit untuk dibawa ke Pos Komando Utama dj Belopa,” tutur Fajar. 

ADVERTISEMENT

Bantuan logistik serta evakuasi warga yang sakit terus dilakukan menggunakan helikopter Bell BNPB dan Helikopter AW Polri. Adapun bantuan logistik disalurkan ke Desa Pangi, Buntu Sarek serta Tibussan. Warga yang membutuhkan perawatan intensif langsung diarahkan ke pos kesehatan di Pos Komando Utama, Belopa serta rumah sakit terdekat menggunakan ambulance.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Saling Ejek, Kelompok Remaja di Makassar Bentrok 5 Orang Sempat Diamankan

Dua kelompok remaja di Jalan Pampang 4, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, sempat terlibat bentrok.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT