fbpx
No menu items!

Ditinggal Mantan Pacar Menikah? Lakukan Hal Ini Agar Cepat Move On

Promo

LAYAR.NEWS – Terluka ketika ditinggal mantan pacar menikah merupakan hal wajar. Tetapi jangan sampai terlalu larut dalam kesedihan, hingga mengurangi kualitas hidup.

Ada banyak cara yang bisa Kamu lakukan untuk segera move on. Memang, sebagian orang bisa menyikapi dengan tegar ketika melihat atau mendengar mantan pacar memilih menikah dengan orang lain. Namun, tidak sedikit juga orang yang justru merasa kesulitan dan terpuruk saat menghadapi kenyataan tersebut.

Agar cepat move on dan bangkit kembali, Kamu dapat melakukan beberapa hal berikut, seperti dikutip dari Alo Dokter:

Jangan menyangkal emosi negatif

Cobalah untuk tidak menyangkal atau memendam emosi dan luka batin yang kamu rasakan. Jangan pula menyalahkan dirimu sendiri atas apa yang terjadi.

Bersedih dan menangislah, jika itu memang bisa membuatmu merasa lebih tenang. Bila perlu, berikan waktu dirimu untuk menyendiri.

Namun, jangan sampai kesedihan ini dibiarkan berlarut-larut, ya. Meresapi emosi negatif juga perlu ada batasnya. Tanamkan dalam pikiranmu bahwa kamu adalah pribadi yang kuat dan bisa melewati keadaan ini dengan baik. Lakukan juga positive self-talk untuk mencegah pikiran-pikiran negatif.

Curhat dengan orang terdekat

Mencurahkan kesedihan mu kepada orang yang kamu percayai jadi salah satu upaya agar kamu tidak terpuruk. Karena selain bisa mendapatkan saran atau semangat, cara ini juga bisa membuat perasaanmu menjadi lebih lega.

Jika kamu merasa tidak nyaman untuk curhat dengan orang lain, kamu juga bisa mencurahkannya di buku harian.

Jauhkan hal yang mengingatkanmu dengan Si Dia

Memelihara setiap kenangan bersama si Dia hanya akan membuatmu gagal move on. Jadi, cobalah untuk menjauhkan diri dari hal-hal yang mengingatkanmu padanya.

Berhentilah juga untuk mencari tahu atau kepo tentang kehidupan si Dia lewat media sosial. Bila perlu, kamu bisa berhenti mengikuti akun media sosialnya dan menghapus semua foto atau video kalian berdua atau coba lakukan detoks sosmed.

Lagi pula, berteman dengan mantan kekasih juga tidak terlalu diperlukan, kecuali karena kepentingan profesional, misalnya bisnis atau rekan kerja.

Lakukan kegiatan yang menyenangkan

Cobalah alihkan perhatianmu dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan untuk me time, seperti mendengarkan musik, menonton film, berkebun, atau memasak.

Kamu juga bisa menekuni hobi baru untuk mengisi waktu luang. Ini juga bisa menjadi bentuk luapan emosi dan perasaanmu dengan cara yang positif (katarsis).

Jika kamu ingin merasakan suasana baru, tidak ada salahnya untuk ambil cuti kerja selama beberapa hari untuk traveling. Kamu juga bisa mengajak keluarga atau sahabat untuk menemanimu selama liburan agar kamu tidak merasa kesepian.

Fokus pada perawatan diri

Meski sedang patah hati, kamu tetap harus merawat dirimu dengan baik. Untuk itu, tetaplah fokus pada perawatan dan kesehatan diri, misalnya dengan rutin mengonsumsi makanan sehat, coba meditasi, istirahat yang cukup, dan rutin berolahraga.

Kamu juga sebaiknya tidak melampiaskan emosimu dengan cara yang negatif, seperti merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, menggunakan narkoba, atau bahkan mencoba untuk melukai dirimu sendiri, ya.

Buka hati ketika sudah siap

Tidak perlu terburu-buru untuk mencari pengganti. Jangan sampai kamu menjalin hubungan dengan seseorang hanya untuk sebuah pelarian dan tempat menyalurkan kekecewaan dari hubungan sebelumnya. Hubungan ini disebut dengan rebound relationship.

Ketika emosimu sudah lebih stabil dan bisa memaknai keadaan tersebut sebagai pelajaran yang berharga, ini menandakan bahwa kamu sudah siap membuka hati untuk seseorang yang baru.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan agar bisa cepat move saat ditinggal mantan menikah. Namun, jika patah hati yang kamu rasakan sudah membuatmu mengalami tekanan batin atau bahkan depresi dan hingga mengganggu aktivitasmu, cobalah untuk meminta bantuan psikolog atau psikiater. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca berikutnya: Nih Trik Jitu Hadapi Pasangan yang Selalu Diam Saat Marah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

HUT ke-352, Pemprov Sulsel Berhasil Pertahankan Sejumlah Aset

Pemerintah Sulawesi Selatan memberikan sejumlah penghargaan terhadap tim penyelamat aset negara pada perayaan HUT ke-352 Sulawesi Selatan.

Populer

Berita Terkait