fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Ditlantas Polda Sulsel Tentukan Jenis Knalpot Brong Pakai Cara Ini 

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sulawesi Selatan, telah memiliki alat tersendiri untuk menentukan mengetahui dan menentukan apakah knalpot, masuk kategori brong atau bising atau tidak.

Alat pengukur kebisingan kendaraan bermotor ini juga telah diuji coba. Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Sulsel, Kompol Gani menjelaskan, alat pengukur ini akan merekam suara kebisingan sesuai dengan besaran CC kendaraan.

Baca juga:  Bagi-bagi Sembako, Ditlantas Polda Sulsel: Instruksi Kapolri dan Kapolda

“Ketika melakukan pengukuran suara, di bawa 80 CC akan berada pada kisaran 77 desibel jika diukur lebih masuk kategori brong,” ucap Kompol Gani dalam keterangan tertulisnya kepada jurnalis yang diterima, Kamis, 1 Februari 2024.

ADVERTISEMENT

Kompol Gani menerangkan, ketika alat ini mengukur suara knalpot kendaraan 80 CC hingga 175 CC di atas 80 desibel diklaim menggunakan knalpot brong. Sementara kendaraan bermotor 175 CC ke atas batas desibel 83, jika lebih masuk kategori Brong. 

Baca juga:  Sepekan Operasi Pallawa 2024 di Sulsel, 4018 Pelanggar Ditindak

“Untuk mengukur besaran desibel kendaraan, alat ini dipasang sekitar 50 centimeter dari knalpot dalam keadaan bunyi. Hasilnya akan terbaca pada sistem alat tersebut,” Kompol Gani menerangkan. 

Sementara itu, Dirlantas Polda Sulsel, Kombes I Made Agus Prasatya membenarkan, jika saat ini disiapkan alat pengukur kebisingan suara knalpot kendaraan bermotor. Pihaknya akan menggunakan alat ini untuk mengukur kebisingan knalpot pengendara. 

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Anggota Polrestabes Makassar Dilarang Pakai Knalpot Brong

(Sumber foto: GridOto.com)

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Jadwal Lengkap Piala Presiden 2024

Turnamen pramusim paling dinanti di Indonesia, Piala Presiden 2024, akan segera dimulai pada 19 Juli 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT