fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Dosen Pertanian Unismuh Makassar Gelar PKM Tanam Sayur di Panti Asuhan Adil Bahagia

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, MAKASSAR — Dosen Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Makassar menggelar kegiatan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Sistem Tanam Sayur dan Ikan Dalam Ember” di Panti Asuhan Adil Bahagia yang berlokasi di Jalan Toddopuli I No. 2 Kota Makassar,  Minggu (02/10/2022).

Kegiatan ini adalah bentuk kolaborasi antara Dosen Fakultas Pertanian dengan Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP3M) Unismuh Makassar.

Kegiatan ini disambut positif oleh pengelola dan anak-anak panti asuhan serta masyarakat yang ada disekitarnya.

ADVERTISEMENT

Hal itu diungkapkan Nurbiah selaku pengelola panti mengungkapkan sangat antusias dan memberikan tanggapan positif terhadap pelaksanaan kegiatan penyuluhan dan pelatihan sistem tanam sayur dan ikan dalam ember di panti asuhan. Dia melihat pengetahuan dan keterampilan anak-anak panti bertambah setelah kegiatan PKM dilakukan.

Baca juga:  BSN Perpanjangan Kerjasama dengan Unhas

“Saya bersyukur karena kegiatan ini dilakukan di panti asuhan kami, kegiatan ini membuat anak-anak bisa menanam sayur dan ikan dalam ember sehingga kami bisa memenuhi lauk pauk untuk anak-anak,” katanya saat melihat proses pelatihan yang diberikan dosen Pertanian Unismuh Makassar.

Bukan hanya sekedar pengetahuan dan keterampilan, menurut dia untuk anak-anak yang masih dibawah umur, kegiatan ini dianggap menyenangkan dan menghibur sehingga timbul rasa bahagia diantara mereka.

ADVERTISEMENT

“Kegiatan menanam sayur dan ikan dalam ember memang dibuat seserhana dan semenarik mungkin agar mudah dimengerti dan dilaksanakan oleh mitra,” ucapnya.

Baca juga:  Bawaslu Luncurkan "Awas App" dan "Awas Data Pemilih"

Sementara itu, Fika salah satu anak panti mengatakan menanam sayur tidak hanya menggunakan media tanah, tetapi bisa juga menggunakan media lain yang dimasukkan ke dalam ember sehingga sekaligus pelihara ikan didalamnya.

“Ternyata tanam sayur tidak cuma pakai tanah, bisa juga memakai arang dan air yang dimasukkan kedalam ember. Kita juga bisa pelihara ikan di dalam ember itu,” bebernya.

ADVERTISEMENT

Dia menjelaskan, ikan dimasukkan ke dalam ember dan sayur ditanam menggunakan wadah arang batok yang ditempatkkan pada gelas plastik. Gelas plastik ini dikaitkan pada mulut ember agar dasar gelas senantiasa basah. Sehingga memungkinkan sayur yang ditanam dalam gelas tumbuh dengan subur.

Baca juga:  Nurdin Abdullah Harap Bandara Toraja Layani Penerbangan Setiap Hari

Lain halnya yang diungkapkan Amanda Patappari Firmansyah selaku pelaksana kegiatan penyuluhan  mengatakan kegiatan penyuluhan dan pelatihan ini terbilang sudah tepat sasaran untuk membantu panti asuhan dalam menghasilkan sumber makanan secara swadaya.

“Sistem tanam sayur dan ikan dalam ember sangat tepat untuk mitra yaitu Panti Asuhan Adil Bahagia. Melalui kegiatan ini mitra nantinya mampu menghasilkan sumber makanan mereka yang sehat dan bebas pestisida,” ungkap Amanda mewakili dosen Fakultas Pertanian Unismuh Makassar.

Dia juga berharap program PKM ini bisa memberikan pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan yang bisa dilanjutkan hingga waktu yang lama sehingga panti asuhan bisa mandiri dalam menghasilkan sayur dan ikan.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Beautiful Malino 2024, PLN Sukses Hadirkan Listrik Energi Hijau Tanpa Kedip

LAYAR NEWS, GOWA - PT PLN (Persero) berhasil menyediakan listrik yang handal tanpa gangguan (zero down time) selama acara...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT