fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Doyan Makan Ceker? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS – Tidak sedikit orang yang doyan makan ceker ayam. Bagian ayam yang satu ini bisa diolah menjadi beragam makanan, mulai dari soto, sop, hingga dijadikan kerupuk sebagai camilan.

Namun, tidak sedikit pula yang beranggapan bahwa ceker ayam tidak baik untuk kesehatan. Tunggu dulu, jangan buru-buru membuangnya. Berikut fakta tentang kandungan dan manfaat ceker ayam bagi kesehatan.

Kandungan Gizi Ceker Ayam

Selain memiliki rasa yang lezat, ceker ayam mudah diolah menjadi berbagai hidangan. Pada dasarnya daging ayam mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Tetapi bagaimana dengan bagian kaki tersebut.

ADVERTISEMENT

Melansir Alo Dokter, dalam 100 gram ceker ayam matang terkandung sekitar 215 kalori. Selain itu, ceker ayam juga mengandung aneka nutrisi, seperti:

  • 19,5 gram protein
  • 14,5 gram lemak
  • 90 miligram kalsium
  • 0,9 miligram zat besi
  • 30 mikrogram vitamin A (setara 100 IU)
  • 85 mikrogram folat atau vitamin B9
Baca juga:  Jantung Berdebar Setelah Minum Kopi, Ini Penjelasannya

Selain itu, ceker ayam juga mengandung fosfor, selenium, zinc, kolin, vitamin B kompleks, dan vitamin K, serta merupakan sumber gelatin dan kolagen yang baik.

Manfaat Ceker Ayam untuk Kesehatan

Dilihat dari banyaknya nutrisi yang terkandung dalam ceker ayam, tentu saja bagian ayam ini baik untuk dikonsumsi. Berikut sederet manfaat ceker ayam bagi kesehatan:

ADVERTISEMENT

Menjaga kesehatan kulit

Sekitar 70% dari kandungan protein pada ceker ayam adalah kolagen. Protein ini merupakan salah satu nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit. Berbagai riset membuktikan bahwa kolagen baik untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit, serta mencegah kerusakan kulit.

Selain itu, kolagen juga baik untuk membantu menghilangkan selulit dan mempercepat penyembuhan luka. Dengan mencukupi asupan kolagen, kulitmu akan menjadi lebih sehat dan awet muda.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Waspada! Anemia Bisa Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung

Mendukung kekuatan dan kesehatan sendi

Selain mampu menjaga kesehatan kulit, kolagen juga berperan penting dalam memelihara kesehatan dan kekuatan sendi-sendi tubuh, termasuk sendi lutut, kaki, tangan, dan pinggul. Tak hanya itu, asupan kolagen yang cukup juga dapat membantu mengurangi nyeri sendi dan gejala osteoarthritis, terutama pada lansia.

Mencegah pengeroposan tulang

Ceker ayam merupakan sumber protein, kalsium, dan kolagen yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Riset menunjukkan bahwa asupan nutrisi tersebut dapat mendukung pembentukan dan kekuatan tulang, serta menurunkan risiko pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Mencegah anemia

Berkat kandungan zat besi, folat, dan vitamin B12 pada ceker ayam, makanan ini juga baik dikonsumsi untuk mencegah anemia atau kurang darah.

Baca juga:  4 Jenis Makanan Ini Dapat Atasi Darah Rendah

Namun, untuk mendapatkan manfaat ceker ayam yang satu ini, Kamu juga perlu mengonsumsi makanan tinggi zat besi, seperti daging sapi, hati ayam atau sapi, ikan, seafood, dan kacang-kacangan.

Memelihara kesehatan ibu hamil dan janin

Kandungan folat (vitamin B9) pada ceker ayam baik untuk mencegah bayi mengalami cacat bawaan lahir, seperti spina bifida dan anensefali. Sementara itu, kandungan kolin dan proteinnya baik untuk menambah berat badan janin dan ibu hamil, serta mendukung perkembangan otak janin.

Nah, itulah ulasan fakta terkait kandungan gizi yang ternyata memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Jadi, kamu tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi ceker ayam.

Baca berikutnya: Apakah Sayur Layu Masih Bernutrisi? Ini Ulasannya

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Pengadilan Vonis 4 Bulan Penjara Pemimpin Parpol di Soppeng, Ini Pelanggarannya

Pengadilan Negeri Soppeng memvonis bersalah pimpinan parpol di Soppeng terkait tindak pidana pelanggaran hukum
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT