fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

DPRD Kota Makassar Siapkan Regulasi Terminal Bayangan, Dapat Dukungan PD Terminal

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, MAKASSAR – Perusahaan Daerah (PD) Terminal Makassar Metro mendukung langkah DPRD Kota Makassar yang saat ini tengah menyiapkan regulasi penindakan bagi terminal bayangan dan perusahaan otobus (PO).

Regulasi penindakan tersebut tengah disiapkan DPRD Makassar karena keberadaan terminal bayangan yang berada di luar kawasan terminal dinilai merugikan Pemerintah Kota Makassar.

Baca juga: Anggota DPRD Makassar Fasruddin Rusli Soroti Kemacetan Pasar Pertigaan Leimena-Tello

ADVERTISEMENT
Baca juga:  DPRD Makassar Gelar Rapat Monev Triwulan I Tahun 2023

Sebab, pendapatan asli daerah (PAD) dari retribusi terminal menjadi turun karena minimnya armada yang masuk ke dalam kawasan terminal.

Terkait langkah DPRD Makassar itu, Dirut PD Terminal Makassar Metro Dafris memberikan apresiasinya. Ia menyambut baik penggodokan regulasi tersebut.

Dafris mengatakan, sejak lama dirinya ingin menertibkan bus-bus PO tersebut. Hanya saja, hal itu urung dilakukan karena terkendala di regulasi.

ADVERTISEMENT

Menurutnya, regulasi penindakan PO berada di bawah kewenangan Dinas Perhubungan Kota Makassar.

Baca juga:  Atasi Anjal dan Gepeng, Dinsos Makassar Akan Bangun Liposos

“Saya bilang dari dulu, seandainya saya ada kewenangan, saya sendiri yang akan turun gembok (bus-bus PO di luar kawasan terminal),” ujarnya Rabu, (23/08/2023).

Dalam penggodokan regulasi tersebut, kata Dafris, pihaknya bersama tim perancang naskah akademik juga akan menyiapkan sanksi bagi kendaraan-kendaraan yang parkir dan memuat angkutan di luar kawasan terminal.

ADVERTISEMENT

Maka dari itu, pihaknya bersama tim pansus yang akan dibentuk nantinya akan meninjau Kota Surabaya yang sudah lebih dahulu menerapkan regulasi ini.

Baca juga:  Anggota DPRD Makassar Nunung Dasniar Soroti Akses Air Bersih di Kelurahan Buntusu

“Dia sarankan bagusnya Surabaya terminal bungarasi. Menurut (tim pembentuk naskah akademik) kalau terminal di sana ada perda yang mengatur, tidak ada lagi parkir liar, kayak yang terjadi di terminal, itu rencana kita mau ke sana. Bisa saja kita terapkan untuk perdanya, ada yang mengatur,” ujarnya.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Silaturahmi Momen Iduladha, Ini Sederet Hal yang Jadi Atensi Pj Gubernur dan Kapolda Sulsel

Pj Gubernur Prof Zudan Arif Fakrulloh, memanfaatkan momen hari raya Iduladha ini untuk bersilaturahmi dengan Forkopimda.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT