fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Ekspor Sulsel Tembus Rp2,3 Triliun di Desember 2021

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS, MAKASSAR – Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Selatan (Sulsel) mencatat nilai ekspor Provinsi Sulawesi Selatan periode Desember 2021 mencapai US$ 162,58 juta, atau setara dengan Rp2,3 triliun.

Nilaii ini meningkat sebesar 77,65 persen dibandingkan tahun 2020 pada periode yang sama. Tercatat, pada Desember 2020 nilai ekspor Sulsel mencapai US$ 91,51 juta.

Sementara jika dibandingkan belum sebelumnya, November 2021, meningkat sebesar 19,9 persen dari nilai ekspor mencapai US$ 135,6 Juta.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Pemerintah Bakal Ubah Mekanisme Subsidi Elpiji 3 Kg

Kepala BPS Sulsel, Suntono mengatakan bahwa nilai ekspor di bulan Desember 2021 lalu merupakan pencapaian tertinggi dalam waktu tiga tahun terakhir.

“Adapun ekspor pada bulan Desember 2021 tercatat mencapai US$ 162,58 Juta. Ini merupakan nilai ekspor tertinggi selama tiga tahun terakhir sejak 2019,” pungkasnya.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan pencapaian tersebut berkat sinergitas semua stakeholder, dalam menggenjot ekspor di Sulsel.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  LPG Non Subsidi Naik Lagi, ESDM Sulsel Antisipasi Peralihan Konsumsi

“Alhamdulillah nilai ekspor Sulawesi Selatan menibgkat secara signifikan. Harapannya, tentu berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi dan juga kesejahteraan masyarakat,” ujar Andi Sudirman.

Adapun, lima komoditas utama yang diekspor pada periode Desember 2021 yaitu nikel sebesar 60,18 persen, besi dan baja sebesar 18,37 persen, biji-bijian berminyak sebesar 8,29 persen, ikan dan udang sebesar 3,12 persen, serta olahan makanan hewan dengan distribusi 2,01 persen.

Baca juga:  Gubernur Sulsel dan Taufan Pawe Sepakat Tunda Perayaaan Hari Jadi Parepare

Adapun negara tujuan ekspor periode Desember 2021 antara lain Jepang, Tiongkok, India, Malaysia, dan Filipina.

ADVERTISEMENT

“Kita terus mendorong peningkatan ekspor, termasuk produk-produk UMKM kita. Semoga upaya ini sebagai wujud untuk pemulihan perekonomian masyarakat,” tutup Andi Sudirman.

Baca berikutnya: Balai Karantina Sulsel Lepas Ekspor Pertanian Senilai Rp98 Miliar

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Silaturahmi Momen Iduladha, Ini Sederet Hal yang Jadi Atensi Pj Gubernur dan Kapolda Sulsel

Pj Gubernur Prof Zudan Arif Fakrulloh, memanfaatkan momen hari raya Iduladha ini untuk bersilaturahmi dengan Forkopimda.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT