fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Elon Musk Kembali Pecat Petinggi Twitter Gegara Menekan Informasi Dialog Publik

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAT NEWS — Elon Musk, CEO sekaligus pemilik Twitter saat ini, kembali memecat eksekutif perusahaan. Kali ini, Wakil Penasihat Umum Twitter, James Baker yang dipecat Elon Musk.

Keputusan pecat itu diumumkan Elon Musk melalui akun Twitternya dengan handle @elonmusk. Menurut Musk, alasan ia memecat James Baker adalah karena “kekhawatiran terkait kemungkinan Baker berperan dalam menekan informasi penting untuk dialog publik.”

Dugaan itu awalnya dipublikasikan oleh Matt Taibbi, jurnalis buletin TK News yang menduga bahwa Baker memeriksa dulu dokumen sebelum diteruskan. Namun praktik pemeriksaan ini dilakukan tanpa sepengetahuan manajemen baru Twitter.

ADVERTISEMENT

Musk kemudian meminta penjelasan Baker terkait alasan mengapa ia meninjau materi “File Twitter” sebelum diteruskan. Namun menurut Musk, penjelasan Baker tidak meyakinkan.

Baca juga:  Twitter Diretas, 200 Juta Alamat Email Akun Bocor

File Twitter sendiri memuat mekanisme moderasi konten Twitter, termasuk soal dugaan penindasan yang melibatkan laptop Hunter Biden, anak Presiden Amerika Serikat, Joe Biden.

Dokumen itu juga dibahas oleh Matt Taibbi dalam sebuah thread di akun Twitter pribadinya ber-handle @mtaibbi, setelah mendapat persetujuan dari Musk.

ADVERTISEMENT

Dalam thread itu dijelaskan bahwa ketika kampanye Joe Biden pada tahun 2020, Twitter diminta untuk menghapus postingan yang menggambarkan foto dan video sensitif anak Biden karena melanggar kebijakan perusahaan. Twitter lantas setuju dan menghapusnya.

Baca juga:  Pengguna Threads Booming, Twitter Ancam Tuntut Mark Zuckerberg

Menurut thread itu, Baker turut berperan dalam menghapus konten tersebut. Selain itu, Baker juga disebut berperan dalam penyebaran klaim palsu terkait hubungan Donald Trump dengan Rusia.

Karena beberapa poin ini lah Musk khawatir Baker melakukan praktik yang sama, sehingga Musk pun memutuskan memecat Baker. Baca juga: Twitter Dibanjiri Ujaran Kebencian Sejak Ada Elon Musk
“Mengingat kekhawatiran terkait kemungkinan peran Baker dalam menyembunyikan informasi penting untuk dialog publik, dia dipecat dari Twitter hari ini,” ujar Musk dikutip KompasTekno dari Twitter pribadinya.

ADVERTISEMENT

Pemecatan di lingkup eksekutif Twitter bukan lagi cerita baru setelah Elon Musk membeli platform microblogging tersebut. Pasalnya, orang terkaya di dunia itu juga sudah memecat empat petinggi Twitter sejak hari pertama ia ngantor di kantor pusat Twitter pada Oktober lalu.

Baca juga:  Mia Khalifa Ngamuk di Twitter, Video Porno Disebar

Keempat eksekutif Twitter yang dipecat Elon Musk pasca-akuisisi itu meliputi Chief Executive Officer (CEO) Parag Agrawal, Chief Financial Officer (CFO) Ned Segal, bos bagian hukum dan kebijakan Vijaya Gadde, penasihat umum Sean Edgett.

Menurut informasi orang dalam, setidaknya salah satu eksekutif yang dipecat oleh Elon Musk, sampai dikawal keluar gedung kantor pusat Twitter di San Francisco, AS, alias harus meninggalkan kantor Twitter saat itu juga.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Persoalan Sita Perhatian Saat Momen Mudik Lebaran di Sulsel: Macet Hingga SPBU Jorok

Pj Gubernur Sulsel soroti sejumlah hal yang mesti dibenahi momen mudik lebaran seperti jalan macet hingga SPBU jorok.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT