fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

FISIP Unismuh Kuliah Umum Meningkatkan Kesadaran Kritis Melalui Literasi Media

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, MAKASSAR — Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unismuh Makassar menggelar Kuliah Umum dengan tema “Meningkatkan Kesadaran Kritis Melalui Literasi Media.”

Acara ini digelar di Minihal FISIP Unismuh, Menara Iqra Lantai 5, pada Senin, 2 Oktober 2023.

Kuliah umum ini menghadirkan Nurwijaya Hariadi sebagai narasumber. Dia merupakan penggerak dari Yayasan Ruang Antara, sebuah organisasi nirlaba yang fokus pada isu-isu komunikasi kontemporer dan didampingi moderator Ahmad Syarif, dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Unismuh.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Resep Coto Makassar Ala Mercure Hotel

Kuliah umum ini dihadiri sekitar seratusan mahasiswa semester 3 Ilmu Komunikasi dari berbagai kelas. Para mahasiswa menunjukkan antusiasme tinggi dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada narasumber.

Dalam materi presentasinya, Nurwijaya menyampaikan betapa pentingnya sikap skeptis terhadap media agar kita tidak terpengaruh oleh informasi yang salah atau hoaks.

Sikap skeptis ini menjadi dasar bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan kritis, yakni melihat setiap informasi media dari berbagai sudut pandang dan melakukan pengecekan fakta.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Pendaftaran Beasiswa Djarum 2022 Dibuka, Ini Syarat dan Caranya

Narasumber juga menyoroti peran-peran penting yang dimainkan oleh kelompok masyarakat, seperti Yayasan Ruang Antara, dalam mengawal isu-isu penyiaran.

Salah satu upayanya adalah dengan memperluas gerakan literasi media untuk memberikan pendidikan kepada audiens.

“Kami telah bergerak sejak tahun 2014 dengan semangat literasi media. Kami terus berupaya untuk menyuarakan gerakan literasi media di masyarakat,” ucapnya.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Jembatan Putus Diterjang Banjir, Puluhan Siswa di Sidrap Terpaksa Ikut Sekolah Darurat

Dalam penutupnya, dia menekankan manfaat yang dapat diperoleh dari kuliah umum ini, yaitu meningkatkan kesadaran kritis dalam mengkonsumsi media, seperti televisi dan media sosial.

Selain itu, kemampuan untuk memproduksi konten alternatif yang mengandung unsur edukasi, dan peran mahasiswa sebagai agen penyebaran pengetahuan terkait literasi media.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Di Makassar, Penyuluhan Pencegahan Bahaya Narkoba Sasar Siswa Baru Momen MPLS

LAYAR NEWS, Makassar - Satuan Narkoba, Polrestabes Makassar, menggelar penyuluhan tentang bahaya narkoba dalam momen Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT