No menu items!

Flashdisk Tak Terbaca? Ini Cara Mengatasinya

Promo

LAYAR.NEWS – Karena ukurannya yang kecil, Flashdisk menjadi salah satu perangkat favorit untuk memindah data dari satu komputer ke komputer lain.

Namun, karena ukurannya yang kecil itu justru membuat flashdisk rentan terkena masalah. Salah satunya yang sering terjadi adalah tiba-tiba tidak terbaca ketika dikoneksikan ke komputer.

Sebelum berasumsi flashdisk milikmu telah rusak, ada baiknya untuk mencoba cara di bawah ini. Berikut beberapa cara mengatasi flashdisk tidak terbaca dilansir dari IDN Times:

Cek kondisi flashdisk via Disk Management

Disk Management merupakan alat atau tempat di mana kamu bisa mengetahui apakah flashdisk kamu terdeteksi. Caranya seperti berikut:

  • Setelah flashdisk terpasang di PC, klik kanan Start di pojok kiri bawah
  • Pilih Disk Management
  • Jika terdeteksi, umumnya flashdisk kamu terletak di bagian bawah sendiri sebagai “Removable”.

Apabila flashdisk kamu terbaca di Disk Management namun tidak di File Explorer, maka langkah yang bisa kamu ambil adalah dengan melakukan proses format, dengan cara klik kanan lalu “Format”.

Cara tersebut biasanya ampuh namun risikonya semua file yang ada di flashdisk akan hilang.

Pastikan tidak ada debu di kepala flashdisk

Selain masalah software, salah satu masalah yang paling sering dialami oleh flashdisk sehingga tidak dapat terbaca adalah masalah hardware. Bagian port atau kepala flashdisk umumnya terbuka dan karenanya, jadi mudah untuk kemasukan debu atau kotoran.

Sebelum mencoba cara sebelumnya, kamu bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu di bagian kepala flashdisk. Kamu bisa menggunakan kuas kecil apabila memang ada kotoran yang mengganjal. Selain itu, gunakan juga penghapus untuk membersihkan bagian kuning di dalam port flashdisk.

Perbarui driver di Device Manager

Ada kemungkinan yang cukup besar apabila flashdisk yang tidak terbaca disebabkan oleh driver dari flashdisk itu sendiri yang telah kedaluwarsa. Untuk mengatasinya, kamu bisa ikuti langkah berikut:

  • Ke Device Manager via menu Quick Access atau kamu bisa klik kanan di Start.
  • Cari USB Root Hub, klik kanan dan pilih “Update driver”
  • Pilih “Search automatically for updated driver software”

Untuk melakukannya pastikan dulu PC kamu terkoneksi ke internet. Tunggu sebentar dan driver flashdisk akan secara otomatis diperbarui.

Matikan fitur USB selective suspend

USB selective suspend merupakan salah satu fitur penghemat daya baterai yang membantu menghemat daya dengan cara mematikan daya port USB sekalipun flashdisk dalam kondisi terpasang. Jika flashdisk tidak terdeteksi, bisa jadi fitur yang satu ini dalam posisi aktif.

Untuk mematikannya bisa kamu lakukan dengan langkah berikut:

  • Klik kanan Start lalu pilih Power Options.
  • Jendela Power & sleep akan muncul, kemudian klik “additional power settings” di sisi kanan.
  • Pilih Change plan settings > Change advanced power settings > USB settings > “USB selective suspend setting”.
  • Di bagian on battery dan plugged in, semuanya pilih Disabled.

Nah, itu tadi beberapa cara mengatasi Flashdisk yang tidak terbaca di komputer. Tetapi jika kamu ragu untuk melakukannya sendiri, gunakanlah tenaga profesional untuk memperbaikinya.

Baca berikutnya: Awas! Ini Tanda-tanda Smartphone Kamu Disadap Hacker

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Syamsuddin Raga Sosialisasi Perda Dampak dan Pengelolaan Limbah Domestik

Anggota DPRD Kota Makassar, menggelar Sosialisasi Perda tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik, di Hotel Arison, Sabtu (8/5/2021).

Populer

Berita Terkait