No menu items!
Beranda Kesehatan Flu Tiap Pagi, Mungkin Kamu Terserang Rhinitis Alergi

Flu Tiap Pagi, Mungkin Kamu Terserang Rhinitis Alergi

LAYAR.NEWS – Pilek, bersin-bersin, hidung gatal, tersumbat dan sakit kepala merupakan gejala yang umum dialami siapa saja. Apalagi dimusim pergantian cuaca. Namun, bagaimana jika hal ini kamu alami setiap pagi hari?

Jika kamu mengalami nya terus-terusan setiap pagi hari, bisa saja itu tanda bahwa kamu terserang rhinitis alergi.

Dilansir dari Hellodoc, rhinitis alergi merupakan suatu kondisi alergi, yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan terhadap udara yang terhirup. Ketika mengalami reaksi alergi, sistem kekebalan tubuh menyerang partikel yang masuk ke tubuh. Akibatnya, kamu pun akan mengalami bersin dan gejala-gejala lainnya.

Sekilas, gejala rhinitis alergi memang terlihat sama seperti flu biasa. Namun, kedua jenis penyakit ini berbeda, karena rhinitis alergi biasanya hanya terjadi pada pagi hari, dan gejalanya akan membaik menjelang siang hari. Seseorang yang mengidap rhinitis alergi biasanya sangat sensitif terhadap penyebab alergi seperti tungau, debu rumah, dan kotoran kecoa yang bercampur dengan debu.

Baca Juga:

Biasanya, rhinitis alergi disebabkan faktor keturunan. Biasanya rhinitis alergi berlangsung pada pagi hari selama 15-20 menit. Di negara tropis seperti Indonesia, rhinitis alergi bisa terjadi sepanjang tahun. Lain halnya dengan negara empat musim, alergi ini terjadi saat musim semi.

Untuk mengatasinya, yang paling mudah dan tepat adalah menjauhi penyebab alergi tersebut. Misalnya, jika penyebab alerginya adalah debu, hindari tempat-tempat yang berdebu. Bersihkan rumah secara rutin agar tidak ada debu, bulu hewan, atau jamur yang bisa menyebabkan alergi.

Obat-obatan seperti antihistamin atau dekongestan dapat digunakan jika kamu mengidap alergi yang ringan. Namun, jika kamu memiliki riwayat penyakit lain, seperti asma, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan.

Selain itu, kamu bisa menyemprot hidung Hidung dan menggunakan tetes mata untuk mengurangi rasa gatal dan gejala-gejala lain. Namun, obat ini tidak boleh digunakan dalam jangka waktu panjang karena dapat menyebabkan efek buruk.

Atau kamu melakukan pengobatan dengan cara imunoterapi. Pengobatan ini bisa kamu lakukan jika alergi yang terjadi sudah masuk tingkat parah. Dokter akan memberikan suntikan alergen ke tubuh untuk mengurangi kekebalan tubuh terhadap alergen. Untuk lebih amannya sebaiknya diskusikan keluhan dengan dokter.

LAYAR TERKINI

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah

Ekonomi Bergerak Maju, Gubernur Sulsel Tekankan Protokol Kesehatan

Nurdin Abdullah tegaskan, tidak ada keringanan bagi pelaku usaha yang melanggar protokol kesehatan.
Ilustrasi HP Ngelag

Ini 5 Tips Agar Smartphone Kamu Tidak Ngelag

Jika smartphone kamu sering ngelag, berikuti beberapa tips yang dapat kamu lakukan

RAMAH Majukan Pendidikan, Satu Guru Satu Laptop

Pasangan Calon Bupati, Rahman Assagaf - Muammar Muhayang (RAMAH) berkomitmen memajukan pendidikan di Pangkep.
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah.

Jelang Sekolah Tatap Muka, Guru di Sulsel Akan Jalani Swab Massal

Jelang penerapan sekolah tatap muka, guru-guru di Sulawesi Selatan akan menjalani tes swab massal.
Ilustrasi Danone

Berhemat di Tengah Pandemi, Danone PHK hingga 2.000 Karyawan

Danone mengumumkan kebijakan untuk memutuskan hubungan kerja (PHK) dengan 2.000 karyawannya di seluruh dunia

Tinggalkan Balasan

- Iklan -