fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Gas 3 Kg Langka dan Isu Manipulasi Harga, Ini yang Dilakukan Pemkab Toraja Utara

Menurut pemkab, kondisi itu dilaporkan terjadi di tingkat pengecer dari harga eceran tertinggi (HET) di wilayah Toraja Utara.

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Toraja Utara – Pemerintah Kabupaten Toraja Utara, merespons keluhan masyarakat mengenai kelangkaan Liquefied Petroleum Gas (LPG) bersubsidi gas 3 kilogram dan isu terkait manipulasi harga yang terjadi di pasaran. 

Menurut pemkab, kondisi itu dilaporkan terjadi di tingkat pengecer dari harga eceran tertinggi (HET) di wilayah Toraja Utara dan juga berdasarkan pantauan di lapangan langsung disikapi serius oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) setempat.

Baca juga:  Perhelatan F8, Phinisi Hospitality Berikan Sajian Istimewa

Sekretaris Daerah Salvius Pasang yang juga selaku Ketua Pelaksana Harian TPID Toraja Utara memerintahkan unsur TPID segera menelusuri dan memformulasikan langkah-langkah penanganan permasalahan kelangkaan tersebut. 

ADVERTISEMENT

“Kelangkaan LPG bersubsidi yang terjadi belakangan ini salah satunya diakibatkan oleh terbatasnya pasokan stok yang ada di agen yang tidak sebanding dengan melonjaknya kebutuhan masyarakat di Toraja khususnya di bulan Desember 2023-Januari 2024,” katanya dilansir dari laman resmi Pemprov Sulsel, Jumat, 19 Januari 2024.

Baca juga:  Identitas Wanita Penerobos Istana Merdeka Terungkap, Diduga Jaringan Teroris JAD

Di sisi lain, implementasi kebijakan pemerintah pusat terkait transformasi distribusi LPG bersubsidi 3 Kg yang mulai berlaku per 1 Januari 2024 ini memerlukan koordinasi data penduduk miskin di Toraja Utara melalui dinas terkait ke pihak agen. 

Hal ini menurutnya perlu disinkronisasikan agar pendistribusiannya dapat efektif dan tepat sasaran ke masyarakat penerima manfaat. Didasarkan sejumlah hambatan penyebab kelangkaan tersebut, TPID Toraja memutuskan akan menggelar inspeksi pengawasan melalui operasi pasar LPG yang dilaksanakan pada hari Kamis, 18 Januari 2024. 

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Kru Kapal Asing Kecelakaan Kerja di Tengah Laut, Basarnas Makassar Evakuasi

Persoalan ini memang menjadi perhatian pemkab setempat untuk dituntaskan. “Selain itu TPID juga akan mempertemukan Dinas Sosial dengan pihak Agen LPG guna mensinergikan data penduduk kemiskinan penerima manfaat dari LPG bersubsidi 3 Kg,” lanjutnya menyudahi.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Wali Kota Danny Minta OPD Lebih Gesit Persiapkan Pembahasan APBD 2025

Wali Kota Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto dan jajaran SKPD Pemkot Makassar menggelar Rapat Koordinasi Lingkup OPD di Kantor Balai Kota
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT