No menu items!

Gejala Baru Covid-19 yang harus diwaspadai, Mata kering

Promo

LAYAR.NEWS – Gejala Covid-19 paling umum diketahui adalah batuk, demam, dan kelelahan. Akan tetapi, banyak gejala lain yang mungkin terjadi.

Belakangan, para peneliti telah menghubungkan mata kering dan gejala mata lainnya dengan infeksi Covid-19.

Melansir Kontan, healtline melaporkan bahwa mata kering adalah kondisi umum, terutama pada orang di atas usia 50 tahun. Menurut American Academy of Ophthalmology, sekitar 4,9 juta orang di atas usia 50 di Amerika Serikat mengalami mata kering pada tahun 2015.

Namun, para peneliti telah menemukan bahwa mata kering tampaknya lebih umum pada orang dengan Covid-19 daripada orang tanpa virus corona.

Baca juga:  Tekan Covid-19, Pemkab Bantaeng Batasi Aktivitas di Pantai Seruni

Tinjauan besar studi yang diterbitkan pada awal 2021 menemukan bahwa dalam sekelompok 8.219 orang dengan Covid-19, sekitar 1 dari 10 mengalami gejala pada matanya.

Mata kering atau perasaan ada benda asing di mata adalah gejala mata yang paling umum. Dilaporkan pada 16% orang yang mengalami gejala mata dan 1,7% orang dengan Covid-19.

Namun, mata kering bukanlah salah satu gejala Covid-19 paling umum yang disebabkan oleh virus corona (SARS-CoV-2). Kondisi mata kering tanpa gejala seperti flu bukan berarti penderita memiliki Covid-19.

Baca juga:  Aliyah Mustika Ilham Bersama BBPOM Sosialisasi Cara Memilih Produk

Dijelaskan bahwa Virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19 diduga masuk ke dalam sel tubuh melalui enzim yang disebut angiotensin converting enzyme 2 (ACE2). Menurut penelitian yang dilakukan pada Juni 2020, ACE2 telah diidentifikasi dalam sel epitel yang menutupi permukaan mata.

Penelitian dari 2018 telah menemukan bahwa peradangan dari respons kekebalan tubuh dapat berkontribusi pada mata kering. Secara teori, jika virus corona memasuki sel-sel yang melapisi mata, itu dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menjaga permukaan mata tetap lembab.

Baca juga:  Mesir Mulai Vaksinasi Corona, Prioritaskan Tenaga Kesehatan

Faktor lain yang secara tidak langsung tidak terkait dengan infeksi Covid-19, seperti memakai masker dan menghabiskan lebih banyak waktu di depan layar selama pandemi, juga dapat menyebabkan mata kering.

Penyebab Keluhan Mata Kering Meningkat saat Pandemi

Menurut surat tahun 2021 kepada editorTrusted Source, dokter mata telah melihat peningkatan jumlah orang yang melaporkan mata kering sejak awal pandemi.

Hal ini disebabkan berbagai faktor. Salah satunya akibat penggunaan masker. Menggunakan masker memang sangat penting untuk memperlambat penyebaran Covid-19. Tetapi, juga dapat menyebabkan kekeringan pada mata.

Baca juga:  Tekan Covid-19, Pemkab Bantaeng Batasi Aktivitas di Pantai Seruni

Saat masker menempel longgar di wajah, udara yang dihembuskan dapat bergerak ke atas dan mempercepat laju hilangnya kelembapan mata.

Orang yang sudah memiliki mata kering kemungkinan besar akan mengalami mata kering akibat penggunaan masker yang berkepanjangan.

Selain itu, peralihan aktivitas ke virtual membuat seseorang mengalami peningkatan waktu menatap layar monitor gadget. Ini menjadi faktor lain yang dapat berkontribusi pada jumlah orang yang melaporkan kekeringan mata.

Menghabiskan waktu lama untuk melihat layar gadget sehingga menyebabkan tingkat kedipan yang lebih lambat dan penurunan kelembapan mata.

Baca juga:  Pelindo IV Tetap Maksimalkan Pelayanan di Masa Pandemi

Baca berikutnya: Mengenal Herd Immunity, Cara Akhiri Pandemi Covid-19

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Jeritan Pemilik Warkop di Tengah Pengetatan PPKM Mikro

Warkop indentik sebagai tempat nongkrong malam hari. Lantas bagaimana nasibnya di tengah pengetatan PPKM?

Populer

Berita Terkait