fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Gempa di Mangkutana Luwu Timur, Begini Penjelasan BMKG

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Pihak BBMKG Wilayah IV Makassar melaporkan kejadian gempabumi di Mangkutana, Kabupaten Luwu Timur, pada Rabu, 17 April 2024, pukul 00.10 WITA. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter M 2.1.  

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2.55 LS dan 120.79 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 42 km Barat Laut Luwu Timur pada kedalaman 15 km. Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar Matano.

Baca juga:  Sederet Tantangan Petugas Haji 2024, Mesti Layani 45 Ribu Jemaah Lansia

Berdasarkan laporan masyarakat, gempabumi dirasakan di Mangkutana dengan intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

ADVERTISEMENT

“Hingga pukul 00.45 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan tidak adanya  aktivitas gempabumi susulan (aftershock),” kata Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Irwan Slamet, dalam keterangan tertulis yang diterima jurnalis, Rabu pagi.

Baca juga:  5 Hal Jadi Atensi Ribuan Petugas Gabungan Momen Mudik dan Arus Balik Lebaran di Sulsel

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.”

BMKG juga memberikan pesan edukasi kepada masyarakat. “Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.”

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Calon Terkuat Dampingi Budiman Pimpin Lutim, Andi Rio: Insya Allah Siap

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Grand Opening Modena Home Center di Rolling Hills Makassar

Modena Home Center membuka cabang baru di Kota Makassar
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT