fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Google Digugat, Diduga Kumpulkan Data Biometrik

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS — Jaksa agung Texas Ken Paxton telah menggugat Google Alphabet atas dugaan mengumpulkan data biometrik jutaan orang Texas tanpa persetujuan, pada Kamis (20/10).

Dilansir dari Reuters, Minggu (23/10), gugatan tersebut mengatakan bahwa sejak 2015 perusahaan yang beroperasi di Texas itu telah dilarang untuk mengumpulkan wajah, suara, atau data biometrik orang lain tanpa persetujuan terlebih dahulu.

Baca juga:  Japri Messenger, Aplikasi Chatting Sekaligus Payment Gateway

“Memang, di seluruh negara bagian, setiap hari tanpa disadari orang Texas telah menjadi sapi yang diperah oleh Google untuk mendapatkan keuntungan,” tulis Paxton dalam pernyataannya.

ADVERTISEMENT

Ia juga menyebutkan bahwa pengumpulan data tanpa persetujuan itu terjadi melalui Google Foto, Google Assistant, dan Nest Hub Max. Google pun akan melawan gugatan tersebut, dengan mengatakan bahwa pengguna layanan memiliki opsi untuk mematikan fitur pengumpulan biometrik.

Baca juga:  Sedang Diuji Coba Instal Dua Akun WhatsApp di Satu HP

“Jaksa Agung Paxton sekali lagi salah mengkarakterisasi produk kami dalam gugatan lain yang tak tertahankan, kami akan meluruskannya di pengadilan,” kata juru bicara Google Jose Castaneda.

Sementara itu, gugatan dari Texas ini hanyalah satu dari beberapa yang diajukan oleh negara bagian lain terhadap Google atas praktik tidak adil terkait privasi. Di awal Oktober, Arizona memenangkan pengadilan seharga 85 juta dolar.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Google Akhirnya Menyetujui Media Sosial Besutan Donald Trump

Texas, Indiana, Washington State, dan Columbia pun menggugat Google pada bulan Januari atas apa yang mereka sebut sebagai praktik pelacakan lokasi menipu yang menyerang privasi pengguna.

Jaksa Agung Texas Ken Paxton mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pengumpulan tanpa pandang bulu dari data semacam itu tidak bisa ditoleransi.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Jadwal Lengkap Piala Presiden 2024

Turnamen pramusim paling dinanti di Indonesia, Piala Presiden 2024, akan segera dimulai pada 19 Juli 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT