fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Gubernur Ingin Jeruk Keprok Jadi Sumber PAD Selayar

Promo

ADVERTISEMENT

Layar.news, Makassar – Jeruk Keprok asal Selayar merupakan salah satu buah andalan Sulsel yang didaftarkan sebagai varietas unggul di Indonesia.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengakui keunggulan jeruk ini. Manis segar dengan rasa asam serta aromanya harum. Tekstur yang padat dan karakter kulit yang mudah memisah dari bagian dalam jeruk.

Hal tersebut dikatakan Nurdin dalam sambutannya pada acara peninjauan lokasi pembibitan Jeruk Keprok Selayar, Rabu (7/10)2020.

ADVERTISEMENT

Ia mengungkapkan keinginannya agar produksi dan kualitas jeruk ini kembali meningkat. Sehingga kita tidak kalah dengan buah-buah impor.

Baca juga:  Dengan Restu Keluarga, Pasangan DILAN Mantap Hadapi Debat Publik

Jeruk ini juga bisa menjadi sumber pendapatan asli daerah Selayar. Ia mencontohkan Pulau Ehime di Jepang.

“Saya ingin memberikan gambaran di Jepang, bahwa ada sebuah pulau namanya Ehime, itu produksinya hanya jeruk. PAD-nya hanya jeruk. Kita masuk bandara dan toko-toko, kuenya dari jeruk. Semua produk yang di pajang di kios-kios itu dari jeruk. Keluar dari bandara kita sudah dapat pot-pot yang tanaman jeruk,” ujarnya.

ADVERTISEMENT

Kedepannya perlu dibangun pusat penelitian dan pengembangan (litbang) khusus untuk jeruk.

Baca juga:  Ancaman Kisruh Pasca Pilkada, Gubernur Sulsel Ingatkan Hal Ini

“Provinsi punya lahan di sini akan bangun Litbang, kita akan bangun sekolah petani khusus memberikan skill petani dalam rangka perawatan jeruk, pemupukan dan info teknologi,” jelas Nurdin.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Sulsel, Andi Ardin Tjatjo menjelaskan, jeruk keprok Selayar dikenal dengan nama Munte Cina. Telah lama dibudidayakan, sejak tahun 1925.

ADVERTISEMENT

Buah ini mengalami kejayaan Tahun 70-an. Saat itu produksi sangat melimpah dengan harga yang kompetitif. Banyak petani di Kepulaun Selayar yang menghidupi keluarganya, menyekolahkan anak-anaknya dari tanaman jeruk.

Baca juga:  Jika Terpilih, RAMAH Akan Modali Kelompok Pengrajin Keranjang Ikan

Namun sangat disayangkan kejayaan Jeruk Keprok Selayar pada saat ini sudah mulai hilang dengan terjadinya penurunan luas pertanaman, produksi dan produktivitas.

Penyebabnya adalah sistim budidaya tanaman yang masih belum menerapkan tenologi tepat guna, penggunaan bibit yang sehat, pemupukan, pengairan dan pengendalian.

“Kesuburan dan kesehatan tanah yang semakin menurun. Demikian juga adanya serangan hama penyakit seperti Diplodia dan Phytophthora,” jelasnya.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Persoalan Sita Perhatian Saat Momen Mudik Lebaran di Sulsel: Macet Hingga SPBU Jorok

Pj Gubernur Sulsel soroti sejumlah hal yang mesti dibenahi momen mudik lebaran seperti jalan macet hingga SPBU jorok.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT