fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Habiskan Liburan dengan Rebahan, Awas Ini Dampak Buruknya

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS – Rebahan saat hari libur tidak masalah, apalagi dengan tujuan beristirahat setelah sibuk dengan segala rutinitas.

Namun, sebaiknya menghindari menghabiskan hari libur dengan rebahan terlalu lama. Pasalnya hanya bermalas-malasan di rumah dengan rebahan terlalu lama dapat mendatangkan berbagai masalah kesehatan.

Berikut beberapa dampak buruk rebahan terlalu lama, seperti dikutip dari Tempo.co:

ADVERTISEMENT

Diabetes

Penelitian telah menunjukkan bahwa berbaring selama lima hari di tempat tidur dapat menyebabkan peningkatan resistensi insulin dalam tubuh. Sebab, aktivitas rebahan ini akan membuat gula darah meningkat.

Baca juga:  Mengunyah Permen Karet Ternyata Cegah Gigi Berlubang Loh!

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa orang yang menghabiskan lebih banyak waktu berbaring itu memiliki risiko diabetes 112 persen lebih tinggi dari yang aktif berdiri.

ADVERTISEMENT

Serangan jantung

Berbaring terlalu lama juga dikaitkan dengan risiko serangan jantung yang lebih tinggi. Satu studi menemukan bahwa pria yang istirahat lebih dari 23 jam sepekan memiliki risiko 64 persen lebih tinggi meninggal akibat penyakit kardiovaskular dibandingkan pria yang hanya tidur berbaring selama 11 jam seminggu.

Baca juga:  Ini Cara Bedakan Batuk Biasa dengan Batuk Covid-19

Beberapa ahli mengatakan bahwa tingginya risiko penyakit ini disebabkan oleh minimnya aktivitas yang berdampak pada peredaran darah sehingga mudah tersumbat dan mengakibatkan serangan jantung atau stroke.

ADVERTISEMENT

Menyebabkan sakit punggung semakin parah

Meski banyak yang mengatakan bahwa rebahan bisa mengurangi rasa sakit pada punggung, namun itu bersifat sementara dan justru bisa memperparah kondisi tersebut.

Mengganggu kesehatan mental

Meski belum ada penelitian pasti tentang hubungan berbaring terlalu lama dan gangguan mental, namun risiko kecemasan dan depresi lebih tinggi pada orang yang istirahat lebih banyak.

Baca juga:  Kenali Penyakit Mata Pterygium dan Penyebabnya

Ini mungkin karena orang yang menghabiskan waktu berbaring kehilangan efek positif dari aktivitas fisik dan kebugaran. Jika demikian, bangun dan bergerak dapat membantu.

Nah, itulah beberapa dampak buruk terlalu lama rebahan. Dari pada hanya bermalas-malasan kamu dapat mengisi hari libur dengan aktivitas ringan bersama teman atau keluarga, seperti memasak bersama.

Baca berikutnya: Pahami, Ini Beragam Penyebab Nyeri Haid yang Tidak Normal

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

17 Kepala Keluarga Mengungsi Imbas Banjir di Banggai Laut, Sulteng

BNPB melaporkan, sebanyak 17 KK dari 165 KK terdampak mengungsi akibat banjir melanda tiga kecamatan di Kabupaten Banggai Laut
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT