fbpx
No menu items!

Hanya Tersedia 305 Kantong, PMI Makassar Krisis Stok Darah

Promo

LAYAR.NEWS, MAKASSAR – Stok darah di PMI Kota Makassar saat ini hanya tersedia 305 kantong dari semua golongan dan komponen darah di PMI Makassar. Jumlah persediaan tersebut jauh di bawah standar normal yaitu 1.800 kantong.

“Dari situasi data ini kita hanya mampu bernapas untuk ketersediaan stok hanya dua hari ke depan,” ungkap Wakil Kepala UTD PMI Kota Makassar, Khudri Arsyad kepada Layar.news, Sabtu (8/5/2021).

Khudri menambahkan, pada H-4 idul fitri stok darah sangat berkurang. Setidaknya kebutuhan darah dari seluruh rumah sakit di Makassar rata-rata sebanyak 150 kantong darah per hari.

Baca juga:  Danny Lantik 16 Pejabat Eselon II di Dermaga

“Kalau per hari itu dibutuhkan dalam situasi ini rata-rata 150 bag, itu dari seluruh rumah sakit di Kota Makassar,” tambahnya.

Meski begitu, pihaknya optimis bisa memenuhi kebutuhan darah di PMI Kota Makassar.

“Kami maksimalkan ini dalam situasi h-4 (idul fitri-red) ini, kami berharap H-2 itu sudah tersedia 700 kantong darah supaya dalam masa libur itu teratasi kebutuhan darah untuk pasien di rumah sakit,” terangnya.

Baca juga:  Suplai Obat-obatan di Isolasi Apung Bakal Gunakan Drone

Merebaknya wabah demam berdarah dan tingkat penularan Covid-19 membuat kebutuhan darah melalui PMI Kota Makassar cukup tinggi. Sayangnya, kondisi pemberian vaksin kepada masyarakat menjadi kendala dalam melakukan donor darah. Pasalnya, penerima vaksin baru bisa mendonorkan darahnya minimal dua minggu setelah mendapatkan dosis kedua.

“Ini sebenarnya diperparah dengan merebaknya wabah DBD kemudian ritme mendorong sekarang kan tidak sama sebelum pandemi sekarang ini. Karena situasi vaksin juga sangat berpengaruh di situasi donor, nanti dua minggu setelah vaksin kedua baru bisa donor, itu juga membuat kita kesulitan untuk memenuhi stok maksimal,” ungkapnya.

Baca juga:  Daftar Daerah yang Terapkan PPKM Level 4 hingga 2 Agustus
PMI Makassar Gencar Gelar Aksi Donor Darah

Untuk menutupi kekurangan persediaan darah, PMI Kota Makassar gencar menggelar aksi donor darah dengan melibatkan pengurus rumah ibadah di Kota Makassar.

“Ini karena teman-teman gereja dan komunitas pengurus masjid setiap malam berkontribusi dan setiap hari ada saja yang mendonor, muda-mudahan saja ini bisa membantu,” katanya.

“Alhamdulillah siang ini (8/5) saya berada di Gereja Toraja Mamasa yang di Tamalanrea tempat melakukan donor darah untuk membantu ketersedian stok darah di PMI Kota Makassar,” tambahnya.

Baca juga:  Danny Adakan Program Motivasi Bagi Pasien Isolasi Apung

Ia pun mengajak masyarakat kota Makassar untuk melakukan donor darah untuk membantu ketersedian stok darah di Kantor PMI Kota Makassar.

“Kita meminta dengan sangat kepada warga Kota Makassar yang sudah selesai vaksin dalam waktu dua minggu setelah vaksin kedua melakukan donor darah, baik UTD PMI Kota Makassar di jalan kandea maupun di Mal MaRI Indah,” imbuhnya.

“Kalau malam hari ada di masjid Al-Markas, kalau besok siang (hari ini) ada di tujuh titik gereja untuk melakukan donor darah untuk memastikan ketersediaan darah di kota Makassar,” tutupnya.

Baca juga:  Suplai Obat-obatan di Isolasi Apung Bakal Gunakan Drone

Baca berikutnya: DPD Bapera Sulsel Gelar Bukber dan Aksi Donor Darah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Danny Tegaskan Soal Aturan Berkendara Saat PPKM Level IV

Danny Pomanto menegaskan aturan perjalanan selama PPKM Level IV di Makassar hanya menyasar pada transportasi umum.

Populer

Berita Terkait