fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Harla Pancasila, 76 Narapidana Teroris Ikrar Setia ke NKRI

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS — Pada Hari Lahir Pancasila, Kamis (1/6/2023), sebanyak 76 narapidana teroris (napiter) mengucapkan ikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dari jumlah tersebut, 72 napiter berasal dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Gunung Sindur, sementara 2 orang berasal dari Lapas Khusus Kelas IIA Gunung Sindur dan 2 orang lagi berasal dari Lapas Kelas IIA Banceuy.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Barat, Andika Dwi Prasetya, menyatakan bahwa pengucapan ikrar setia ini adalah bentuk cinta mereka kepada Indonesia dan pengakuan terhadap ideologi Pancasila.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Sejauh Mana Kesiapan Pattiro Bajo Bone Jadi Pelabuhan Tol Laut?

“Tanggal 1 Juni ini bukan saja hari yang bersejarah bagi Indonesia, tetapi tanggal 1 Juni ini menjadi momen bersejarah bagi mereka (narapidana teroris) yang menyatakan ikrar setia NKRI di Lapas ini,” kata Andika dalam keterangannya, Kamis.

Andika menyebutkan bahwa para napiter yang telah mengucapkan ikrar setia telah berkomitmen untuk siap berkarya demi kemajuan Indonesia. Ia menjelaskan bahwa pembinaan yang dilakukan merupakan bagian dari persiapan mereka untuk kembali ke masyarakat di masa depan.

Baca juga:  Prospek Bira-Takabonerate Setelah Masuk Kawasan Ekonomi Khusus di Sulsel

Andika menyampaikan ajakan kepada para napiter untuk turut membangun Indonesia. Salah satu napiter dari Lapas Kelas IIA Gunung Sindur, yang disebut Z Bin Kholid AB, mengaku sangat menyesali tindakannya yang pernah bermaksud pergi berjihad di Suriah.

ADVERTISEMENT

Z juga menyatakan kesiapannya untuk menjadi relawan bagi narapidana lain yang ingin mandiri dalam kehidupan mereka.

“Semoga ke depan kita semua yang berada disini diberikan petunjuk oleh Tuhan YME dan senantiasa mendapat rahmat,” tutur dia.

Acara ikrar setia NKRI dimulai dengan laporan kegiatan yang disampaikan oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kumham Jawa Barat. Setelah itu dilaksanakan ikrar setia oleh para napiter. Acara dilanjutkan dengan prosesi penghormatan dan penciuman Bendera Merah Putih.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Danny Pomanto Dampingi Pj Gubernur Sulsel Temui Presiden Jokowi

Selain itu, terdapat kegiatan pembacaan Pancasila dan yel-yel ‘NKRI Harga Mati’. Selama acara, juga ada penampilan teater Puisi yang dipersembahkan oleh Narapidana Terorisme.

Turut dilaksanakan penandatanganan monumen NKRI di Blok C Lapas Narkotika Kelas IIA Gunung Sindur. Sejumlah pihak yang hadir dalam acara ini antara lain Kepala BNPT, Kepala Densus 88 Anti Teror, dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

5818 Calon Mahasiswa Baru Unhas Lolos UTBK SNBT 2024

Sebanyak 5818 calon mahasiswa baru Universitas Hasanuddin berhasil lolos dalam proses Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) tahun 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT