Selasa, Januari 26, 2021

Hati-hati, Ini Dampak Buruk Minum Air Es

Layar Tips

5 Kesalahan Umum Merawat Tanaman Hias

Memelihara tanaman hias tidak bisa sembarangan. Nah, berikut kesalahan umum dalam merawat tanaman hias...

Ini 7 Usaha yang Aman Saat Krisis di Tengah Pandemi Corona

Ini 7 Usaha yang Aman Saat Krisis Ditengah Pandemi Corona

Ini Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh, Juga Dampak Negatifnya

Layar.news - Mengonsumsi secangkir kopi di pagi hari sudah menjadi kebiasaan rutin sebagian orang.Minum kopi dipilih karena cita rasanya...

Layar.news – Di saat cuaca panas ataupun setelah melaksanakan aktifitas di bawah terik matahari, minum air es atau minum minuman yang dingin akan terasa menyegarkan ditenggorokan.

Apalagi jika air dinginnya dicampur dengan sirop atau pemanis lainnya. Tapi perlu diperhatikan, beberapa riset menemukan bahwa minum air es bisa membahayakan tubuh.

Berikut dampak negatif minum air es atau air dingin:

Sakit Kepala

Baca Juga:

Alih-alih terasa menyejukkan, minum es atau segelas air dingin pada cuaca panas justru bisa memicu sakit kepala pada sebagian orang.

Makanan maupun minuman dingin apa pun sebenarnya dapat memicu sakit kepala, begitu pula air es. Saat Anda minum es, suhu dingin akan menyentuh saraf-saraf yang terdapat pada langit-langit mulut dan menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah kapiler di area tersebut.

Tubuh Anda akan merespon hal ini dengan berusaha melebarkan kembali pembuluh darah agar suhunya kembali normal.

Pada saat bersamaan, efek minum air es ini akan menyebabkan reseptor pada saraf langit-langit mulut mengirimkan sinyal sakit ke otak sebagai tanda bahwa terdapat sesuatu yang tidak beres dengan tubuh Anda.

Nah, efek minum air es inilah yang menimbulkan sensasi beku dan sakit kepala alias brain freeze.

Pembekuan Otak

Konsumsi air es dapat menyebabkan aliran darah terhambat. Dikhawatirkan dapat menyebabkan pembekuan otak. Apalagi jika Anda sering melakukan kebiasaan ini tanpa Anda sadari. Jadi, lebih baik minum air hangat jangan minum terlalu banyak air es!

Buncit

Sebagian besar minum air es bisa membuat perut menjadi buncit. Ini karena air es yang dicampur dengan pemanis atau sirop dapat menyebabkan penumpukan lemak di perut dan akhirnya perut menjadi buncit.

Perut buncit tentu akan membuat Anda menjadi kurang percaya diri, kan?

Masalah Pencernaan

Makan sambil minum air dingin memang terasa menyegarkan. Namun ternyata kebiasaan ini bisa membuat penyempitan usus.

Bahkan partikel lemak dan zat lain yang ada dalam sistem pencernaan dapat membeku. Akibatnya Anda akan mengalami gangguan pencernaan, terutama jika kebiasaan ini dilakukan setiap hari.

Sirkulasi Darah Tidak Lancar

Frekuensi konsumsi air es juga dapat menyebabkan sirkulasi darah menjadi tidak lancar. Tentu saja ini tidak baik terutama ketika Anda sedang menstruasi. Darah yang keluar tidak lancar dan kram perut tak tertahankan. Selain itu, sirkulasi darah yang buruk akan membuat Anda mengantuk dan cepat lelah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Layar Terkini

Pemprov Sulsel Teken MoU SPAM Regional Mamminasata

Pemprov Sulsel tandatangani kesepakatan terkait Sistem Penyediaan Air Minum di kawasan Maminasata.

Layar Populer

Layar Terkait