fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Hati-hati, Ini Dampak Buruk Minum Air Es

Promo

ADVERTISEMENT

Layar.news – Di saat cuaca panas ataupun setelah melaksanakan aktifitas di bawah terik matahari, minum air es atau minum minuman yang dingin akan terasa menyegarkan ditenggorokan.

Apalagi jika air dinginnya dicampur dengan sirop atau pemanis lainnya. Tapi perlu diperhatikan, beberapa riset menemukan bahwa minum air es bisa membahayakan tubuh.

Berikut dampak negatif minum air es atau air dingin:

ADVERTISEMENT

Sakit Kepala

Alih-alih terasa menyejukkan, minum es atau segelas air dingin pada cuaca panas justru bisa memicu sakit kepala pada sebagian orang.

Makanan maupun minuman dingin apa pun sebenarnya dapat memicu sakit kepala, begitu pula air es. Saat Anda minum es, suhu dingin akan menyentuh saraf-saraf yang terdapat pada langit-langit mulut dan menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah kapiler di area tersebut.

Baca juga:  Manfaat Daun Sambiloto untuk Obati Diabetes, Berikut Faktanya

Tubuh Anda akan merespon hal ini dengan berusaha melebarkan kembali pembuluh darah agar suhunya kembali normal.

ADVERTISEMENT

Pada saat bersamaan, efek minum air es ini akan menyebabkan reseptor pada saraf langit-langit mulut mengirimkan sinyal sakit ke otak sebagai tanda bahwa terdapat sesuatu yang tidak beres dengan tubuh Anda.

Nah, efek minum air es inilah yang menimbulkan sensasi beku dan sakit kepala alias brain freeze.

Baca juga:  Ternyata Mencuci Piring Bisa Hilangkan Stres Loh!

Pembekuan Otak

Konsumsi air es dapat menyebabkan aliran darah terhambat. Dikhawatirkan dapat menyebabkan pembekuan otak. Apalagi jika Anda sering melakukan kebiasaan ini tanpa Anda sadari. Jadi, lebih baik minum air hangat jangan minum terlalu banyak air es!

ADVERTISEMENT

Buncit

Sebagian besar minum air es bisa membuat perut menjadi buncit. Ini karena air es yang dicampur dengan pemanis atau sirop dapat menyebabkan penumpukan lemak di perut dan akhirnya perut menjadi buncit.

Perut buncit tentu akan membuat Anda menjadi kurang percaya diri, kan?

Masalah Pencernaan

Makan sambil minum air dingin memang terasa menyegarkan. Namun ternyata kebiasaan ini bisa membuat penyempitan usus.

Baca juga:  Ternyata Tekanan Darah Tinggi Bisa Bikin Kemampuan Berpikir Menurun

Bahkan partikel lemak dan zat lain yang ada dalam sistem pencernaan dapat membeku. Akibatnya Anda akan mengalami gangguan pencernaan, terutama jika kebiasaan ini dilakukan setiap hari.

Sirkulasi Darah Tidak Lancar

Frekuensi konsumsi air es juga dapat menyebabkan sirkulasi darah menjadi tidak lancar. Tentu saja ini tidak baik terutama ketika Anda sedang menstruasi. Darah yang keluar tidak lancar dan kram perut tak tertahankan. Selain itu, sirkulasi darah yang buruk akan membuat Anda mengantuk dan cepat lelah.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

16 Kendaraan Tak Layak Jalan di Makassar Disanksi, Ini Masalahnya

16 kendaraan tak layak jalan di Makassar disanksi oleh Dinas Perhubungan karena kedapatan melanggar Perwali 94 Tahun 2013.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT