No menu items!

Hati-hati, Ini Efek Samping Keseringan Gunakan Hand Sanitizer

Promo

LAYAR.NEWS – Hand sanitizer kini menjadi sesuatu yang penting selama pandemi Covid-19. Hand sanitizer digunakan untuk menjaga kebersihan tangan, sehingga virus corona dan kuman lain tak menempel.

Namun, tahukah Kamu bahwa menggunakan hand sanitizer memiliki efek samping dan berbahaya bagi kesehatan?

Kebersihan tangan bisa terjaga dengan rajin cuci tangan memakai sabun dan air mengalir. Namun, cara tersebut cukup sulit dilakukan dalam keadaan tertentu. Sehingga hand sanitizer jadi pilihan.

Hanya, berbagai macam efek samping dapat muncul akibat keseringan menggunakan hand sanitizer. Hal ini karena hand sanitizer mengandung alkohol dan bahan-bahan kimia lainnya yang efektif menjaga kebersihan tangan. Sayangnya, alkohol dan bahan-bahan itulah yang membuat kulit kering hingga menyebabkan iritasi.

Baca juga:  Kenali Ciri-ciri Pelecehan Emosional, Dapat Berdampak Serius Loh!

Selain iritasi, banyak efek samping lain yang bisa Kamu alami. Berikut diantarany seperti dilansir dari Kontan:

Mengganggu kesuburan

Beberapa hand sanitizer mengandung antibiotik. Nah, penggunaan hand sanitizer yang terbuat dari antibiotik bisa menyebabkan masalah, apalagi saat digunakan secara berlebihan. Salah satunya dapat mengganggu kesuburan.

Baca juga:  Cara Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh Saat Puasa

Mengganggu sistem imun tubuh

Alih-alih terhindar dari virus, dengan keseringan menggunakan hand sanitizer justru membuat rentan terinfeksi. Kok bisa?

Ya, hal ini karena bahan-bahan yang terkandung dalam hand sanitizer dapat mengganggu sistem imun tubuh. Saat sistem imun tubuh menurun, tubuh justru lebih rentan terinfeksi penyakit sehingga kondisi kesehatan menjadi berbahaya.

Keracunan

Karena memiliki kandungan alkohol yang tinggi, hand sanitizer bisa mengakibatkan keracunan saat dikonsumsi. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, jauhkan hand sanitizer dari jangkauan anak kecil.

Penggunaan hand sanitizer yang terus-menerus juga dapat meningkatkan risiko eksim. Beberapa gejala yang biasanya timbul adalah kulit kemerahan, kering, dan pecah-pecah. Kemudian benjolan berair dan terasa gatal pun bisa muncul karena memakai terlalu banyak hand sanitizer.

Baca juga:  Merasa Sesak Saat Menangis? Ini Penjelasan Dokter

Mengganggu perkembangan tubuh

Efek samping hand sanitizer yang lain adalah mengganggu perkembangan tubuh. Selain mengandung banyak alkohol, banyak hand sanitizer yang ditambah dengan banyak pewangi.

Nah, bahan kimia itulah yang memberikan pengaruh buruk pada perkembangan tubuh dan reproduksi Kamu.

Baca juga:  Tayang Akhir Juli, Netflix Rilis Trailer Film The Last Mercenary

Baca berikutnya: Teknik Jitu Cegah Mata Lelah Akibat Menatap Layar Gadget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Mal Hingga Cafe di Makassar Wajib Tutup Jam 8 Malam

Aktivitas usaha di Kota Makassar sebelumnya dibatasi hingga pukul 22.00 wita, kini hanya sampai pukul 20.00 wita.

Populer

Berita Terkait