Selasa, Januari 26, 2021

HKN ke-56, Mahasiswa UNM dan PMI Pangkep Gelar Donor Darah

Layar Tips

Cara Facial Wajah Aman dan Mudah di Rumah

Nah, mumpung libur akhir pekan, yuk perawatan wajah sendiri di rumah

5 Kesalahan Umum Merawat Tanaman Hias

Memelihara tanaman hias tidak bisa sembarangan. Nah, berikut kesalahan umum dalam merawat tanaman hias...

Ini Cara Mendapat Kebahagiaan di Dunia

Pada dasarnya cobaan adalah pembelajaran dan ilmu yang Allah SWT berikan kepada manusia.

LAYAR.NEWS, PANGKEP – Mahasiswa KKN PPL Universitas Negeri Makassar (UNM) bekerjasama dengan PMI Pangkep, menggelar aksi Donor Darah, di depan Markas PMI (Islamic Center) Pangkep, Kamis (12/11/2020).

Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 56. Dengan mengusung tema “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat”. Serta sub-tema “Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19”.

Menipisnya stok darah memang menjadi satu kekhawatiran di tengah pandemi Covid-19. Tidak sedikit orang merasa khawatir tertular Covid-19 saat mendonorkan darahnya. Padahal stok darah sangat dibutuhkan.

Untuk itu, dalam menggelar aksi donor darah ini, panitia tetap mengikuti protokol kesehatan. Diantaranya pemeriksaan suhu tubuh sebelum donor, mencuci tangan, memakai masker, dan penyemprotan disinfektan sebelumnya.

Kemudian dilanjutkan dengan mengisi formulir yang dapat memudahkan pelacakan atau tracking jika di kemudian hari diketahui ada yang terpapar Covid-19 serta pemeriksaan fisik sederhana dan berbagai proses pendukung lainnya

Baca Juga:

Ketua Panitia Kegiatan Donor Darah, Nur Alim, menjelaskan, program kerja yang dilakukan di tengah pandemi ini sebagai bentuk aksi kemanusiaan. Menurutnya, kegiatan tersebut aman karena darah yang didonorkan akan di tes terlebih dahulu sebelum didonorkan ke pasien

“Program kerja yang kita lakukan ini sebagai bentuk aksi kemanusiaan, kita berfikir masa pandemi ini tidak membatasi kita untuk melakukan aksi kemanusiaan,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya telah melakukan komunikasi dengan pihak PMI maupun UTD. Darah akan disterilisasi, akan dites lagi jadi aman untuk digunakan para pasien yang membutuhkan darah.

“Ini merupakan momentum untuk memantik masyarakat dimana untuk melakukan kepedulian kepada sesama,” tambahnya.

Dari aksi kemanusiaan tersebut, terkumpul darah mencapai 39 kantong. Jumlah ini melebihi target awal, yang hanya 30 kantong.

Kegiatan tersebut dihadiri dari berbagai instansi seperti TNI, Polri dan masyarakat yang siapa mendonorkan darahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Layar Terkini

Pemprov Sulsel Teken MoU SPAM Regional Mamminasata

Pemprov Sulsel tandatangani kesepakatan terkait Sistem Penyediaan Air Minum di kawasan Maminasata.

Layar Populer

Layar Terkait