fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Ikan di Danau Tempe Berkurang, Begini Bentuk Pemulihannya

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Wajo – Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin mengaku prihatin dengan kondisi populasi ikan yang ada di Danau Tempe, Kabupaten Wajo. Menurutnya ikan di sekitar bendungan dan danau setempat semakin berkurang. 

Ikan itu menjadi salah satu sumber menunjang kehidupan warga. “Saya tahu ikannya makin hari makin berkurang, karena banyak faktor yang mempengaruhi,” kata Bahtiar Baharuddin dilansir dari laman resmi Pemprov Sulsel, Sabtu, 10 Februari 2024. 

Baca juga:  Pj Gubernur Sulsel Dorong Sekolah Terapkan Sistem Belajar Bahagiakan Siswa

Sebagai bentuk pemulihan, Bahtiar bersama jajaran pemerintah setempat menebar 1 juta 10 ribu ikan nila dan ikan mas di Kelurahan Salomenraleng, Kecamatan Tempe oleh Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, Bupati Wajo Amran Mahmud, dan Nelayan. 

ADVERTISEMENT

“Saya memberikan perhatian serius ke perikanan. Masyarakat Wajo kehidupannya dikelilingi oleh danau atau tappareng. Insya Allah enam bulan ke depan, saya kasiki satu juta, jadi mohon dijaga ini sehingga berkembang,” terang Bahtiar.

Baca juga:  Data Kependudukan Jelang Pilkada 2024 di Sulsel Didorong Agar Optimal

Ini merupakan bagian dari rencana untuk menyebar sebanyak 100 juta bibit ikan nila, termasuk di Danau Tempe. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan produksi ikan nila dan mendukung keberlanjutan sektor perikanan di daerah tersebut agar memudahkan masyarakat.

Selain bantuan benih, program pemerintah diantaranya pembuatan rumpon dan terumbu karang buatan. Kepala Dinas Perikanan Wajo, Andi Ismirar Sentosa mengatakan, program ini sangat membantu nelayan. “Ini adalah program Pj Gubernur, ini sangat membantu nelayan kita di Danau Tempe. Ini sangat luar biasa,” ucapnya. 

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Bagaimana Kabar Difabel di Panti-Balai Rehabilitasi di Masa Pemilu 2024?

Usai menebar benih secara simbolis, Pj Gubernur Sulsel juga memberikan bantuan bibit ikan nila kepada ratusan nelayan yang berasal dari Wajo, Soppeng dan Sidrap. Para nelayan ini yang selama ini mencari ikan di Danau Tempe yang mengitari tiga kabupaten tersebut, dan akan menyebarkan ikan di sepanjang Danau Tempe. 

(Sumber foto: Pemprov Sulsel)

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Jadwal Lengkap Piala Presiden 2024

Turnamen pramusim paling dinanti di Indonesia, Piala Presiden 2024, akan segera dimulai pada 19 Juli 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT