fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Indonesia Tak Dapat Kuota Haji 2021?

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS – Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, mendapat informasi bahwa Indonesia tidak mendapat kuota jemaah ibadah haji tahun 2021.

Dasco menyampaikan hal itu saat menolak membahas soal program vaksinasi Covid-19 untuk jemaah ibadah haji.

“Sementara kita enggak usah bahas itu (vaksinasi) dulu, karena info terbaru yang kita dengar kita enggak dapat kuota haji,” kata Dasco dikutip dari CNN Indonesia, Senin (31/5/2021).

ADVERTISEMENT

Namun ia tak merinci soal info tersebut. Dasco menuturkan bahwa ketiadaan kuota haji itu menjadi pelajaran bagi Indonesia.

Baca juga:  RI Tak Selenggarakan Haji 2021, Kemenag: Antrean Makin Panjang

“Ini jadi pelajaran juga bagi kita supaya soal vaksin ini kita akan lebih perhatikan agar tidak terjadi hal-hal seperti ini,” katanya.

Menag Masih Tunggu Kepastian Arab Saudi

Sementara itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menegaskan bahwa Arab Saudi sampai saat ini belum memberikan kepastian terkait penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442 Hijriah/2021, tahun ini.

ADVERTISEMENT

Kepastian itu terkait keputusan Saudi apakah hanya akan memberikan kuota untuk jemaah dalam negeri saja atau mengundang jemaah dari luar negeri.

Baca juga:  Soal Hasil Pemilu 2024, Tim Hukum Timnas Amin Siap Menghadap ke Mahkamah Konstitusi

“Pemerintah Kerajaan Arab Saudi hingga saat ini belum juga memberikan kepastian, sekali lagi belum memberikan kepastian,” tegas Yaqut.

“Apakah penyelenggaraan haji 2021 akan dilaksanakan seperti tahun 2020 lalu hanya jamaah dalam negerinya atau mengundang jemaah dari luar Arab Saudi,” tambah Yaqut.

ADVERTISEMENT

Yaqut juga mengatakan segera berkomunikasi dengan Presiden Joko Widodo untuk berdiskusi dan mengambil keputusan terkait pelaksanaan ibadah haji tahun 1442 Hijriah/2021 tahun ini.

“Komunikasi dengan presiden tentu kami akan lakukan. Nanti akan segera setelah rapat ini kita komunikasikan dengan presiden, kita akan ambil langkah pas terkait ibadah haji,” kata Yaqut.

Baca juga:  Besok, Pemerintah Umumkan Keputusan Ibadah Haji 2021

Meski demikian, Yaqut menegaskan pihaknya sudah menyiapkan sejumlah skenario pelaksanaan haji bagi calon jemaah asal Indonesia. Di antaranya skenario pemberangkatan kuota haji hanya 50 persen, 20 persen hingga 5 persen.

“Kami sudah dan akan terus melakukan koordinasi dengan kementerian, dan instansi terkait, Komisi VIII DPR, Kemekes, Kemenlu, Satgas Covid dan WHO,” kata Yaqut.

Baca berikutnya: Nasib Pemberangkatan Jemaah Haji Indonesia 2021

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

9 Tahun Ditahan Warga Afrika Selatan Dideportasi dari Makassar, Ini Jenis Pelanggarannya

Setelah ditahan 9 tahun lamanya oleh petugas Imigrasi, Rudenim Makassar mendeportasi warga Afrika Selatan ke negaranya kembali.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT