fbpx
No menu items!

Ini 14 Tempat yang Tidak Boleh Dilintasi Pesawat

LAYAR.NEWS – Pesawat merupakan salah satu moda transportasi umum yang massal digunakan masyarakat, terutama dengan tujuan lintas negara.

Menggunakan pesawat masyarakat bisa memperpendek waktu tempuh, sehingga sangat memudahkan untuk akses jarak jauh.

Namun, Nyatanya pesawat tidak boleh asal terbang melintasi semua tempat di Bumi. Ada beberapa tempat di dunia yang tidak boleh dilintasi pesawat karena berbagai sebab.

Tempat yang tidak boleh dilewati pesawat terbang ini namanya no-fly zone atau zona larangan terbang.

Pilot pun harus mematuhi aturan tersebut saat menerbangkan pesawat. Berikut sejumlah tempat zona larangan terbang yang ada di dunia yang dirangkum Layar.News dari berbagai sumber:

Ka’bah, Mekkah

Ternyata pesawat memang tidak boleh terbang di area Ka’bah, Mekkah . Hal itu merupakan peraturan dari pemerintah Arab Saudi.

Ada alasan lain yang cukup menarik tentang larangan terbang di Ka’bah. Terdapat teori bahwa adanya anomali magnet di atas Ka’bah yang bisa mengacaukan sistem navigasi pesawat.
Selain itu, medan gravitasi di atas Ka’bah juga dikatakan cukup kuat sehingga pesawat tidak dapat terbang terlalu tinggi dan membahayakan para jemaah.

Rumah Lionel Messi

Sumber Foto: hai.grid.id

Sebuah peraturan diterapkan terminal baru Bandara Internasional El Prat de Llobregat, Barcelona, Spanyol yakni pesawat dilarang melintasi rumah Lionel Messi.

Rumah pesepakbola dunia itu berada di Kota Gava, Castelldefels, hanya berjarak 10 kilometer dari bandara El Prat, tepatnya di sisi barat area bandara.

Area rumah Messi bisa dilewati pesawat yang terbang dari kota-kota Spanyol Selatan, Portugal, dan Maroko, ketika akan take-off dan mendarat.

Maka itu, otoritas bandara memberlakukan peraturan zona larangan terbang tersebut. Rumah Messi di Barcelona menjadi salah satu kawasan termahal. Rumah yang dibangun arsitek asal Spanyol Luis de Garrido itu diberi nama “One-Zero Eco House”.

Kutub Utara

Kutub Utara. Foto: Shutterstock

Kutub Utara memiliki medan geomagnetik. Kalau kamu bepergian ke “rumah beruang kutub” ini jangan membawa kompas karena benda itu tidak akan berfungsi di sana. Hal itu juga berlaku sama untuk sistem navigasi pesawat.

Pesawat-pesawat yang terbang di area ini akan terganggu sistem navigasinya karena medan magnet yang sangat kuat dan sering berubah-ubah. Para pilot akan kebingungan ketika ingin mendaratkan pesawat karena mereka akan sulit menemukan landasan yang benar.

Pegunungan Himalaya

Pegunungan Himalaya. Foto: Thinsktock

Pegunungan Himalaya memiliki beberapa puncak-puncak gunung yang tinggi, salah satunya adalah Puncak Everest dengan ketinggian 8.848 meter. Pesawat bisa saja terbang melebihi ketinggian tersebut, namun pilot lebih memilih untuk menghindari area “Atap Dunia” itu.

Alasan dari hal tersebut adalah jika pesawat mengalami keadaan darurat maka pilot harus menurunkan ketinggian ke 3.000 meter untuk mengatasi masalah pasokan oksigen. Ini sangatlah berbahaya karena titik tersebut dekat dengan ketinggian rata-rata pegunungan Himalaya. Pesawat harus berkelok-kelok menghindari pegunungan dan tentunya hal ini sangat berisiko.

Antartika


Sumber Foto: Zastavki.com

Antartika adalah salah satu benua yang berada di wilayah kutub selatan. Benua ini memiliki beberapa pegunungan yang diselimuti oleh salju dan juga angin yang kencang. Kondisi ini bisa menurunkan jarak pandang pilot yang tentunya sangat membahayakan.

Alasan lain adalah jika terjadi hal yang memungkinkan dilakukannya pendaratan darurat maka medan Antarktika sangatlah berat bagi pilot untuk mendarat. Para penumpang juga sulit menghadapi kondisi di Antartika ketika menunggu bantuan datang.

Pabrik Nuklir Pantex, Texas

wikipedia.com

Pantex Plant adalah sebuah pabrik nuklir di Amarillo, Texas, yang berguna untuk menjaga dan mengamankan keseluruhan material nuklir milik Amerika Serikat.

Pemerintah AS melarang pesawat terbang di area ini karena tidak ingin hal buruk terjadi seperti ledakan nuklir yang sangat mematikan.

Disney World dan Disneyland

Mickey dan Minnie Mouse di Walt Disney World Foto: Instagram/Walt Disney World

Perusahaan hiburan yang dibangun oleh Walt Disney itu memang sangatlah luas hingga merambah ke taman hiburan. Namun, jangan harap kamu bisa melihat tempat rekreasi tersebut dari atas pesawat karena ada larangan terbang di area itu.

Pada 2003, Disney Corporation memberlakukan larangan terbang pada kedua area tersebut untuk masalah keamanan. Hal ini bertujuan menjaga keamanan para pengunjung jika suatu saat ada pesawat yang mengalami masalah dan perlu pendaratan darurat di area Disney.

Tibet

Potala Palace di Lhasa, Tibet. Foto: Shutter Stock

Jika melihat peta jalur penerbangan di dunia, Tibet menjadi salah satu wilayah yang tidak dilintasi pesawat terbang.

Wilayah Tibet terletak di perbatasan Asia Timur dan Asia Selatan. Secara detail ‘Negeri beratap langit’ itu letaknya di bagian selatan China dan berbatasan dengan India, Nepal, Burma, dan Bhutan.

Tibet dikenal sebagai dataran tertinggi di dunia karena ada kompleks pegunungan Himalaya. Pesawat tidak diizinkan terbang di atas wilayah Tibet karena faktor keamanan.

Buckingham Palace, Inggris

Istana Buckingham di Inggris Foto: Daniel Chrisendo/kumparan

Istana Buckingham merupakan salah satu tempat terpenting di Inggris Raya. Ini karena Istana Buckingham adalah tempat tinggal keluarga Kerajaan Inggris.

Selain itu, pusat administrasi kerajaan juga berada di tempat ini. Pesawat tidak boleh melintas di atas Istana Buckingham demi alasan keamanan anggota keluarga kerajaan.

Selain Istana Buckingham, kediamaan keluarga kerajaan yakni Kastil Windsor juga melarang pesawat terbang di atas wilayahnya.

Machu Picchu, Peru

Wisata Peru, Machu Picchu Foto: Shutter Stock

Machu Picchu salah satu keajaiban dunia modern. Peninggalan Suku Inca di pegunungan Andes ini juga idak boleh dilewati oleh pesawat terbang.

Sebabnya, Machu Picchu merupakan salah satu situs sejarah penting di dunia. Pemerintah Peru melarang penerbangan di atas reruntuhan Inca sejak 2006.

Kota tua Pest dan Buda Hills Budapest, Hungaria

Ibu kota Hungaria, Budapest juga memiliki zona larangan terbang. Di Budapest, pesawat tidak boleh terbang melintasi kota tua Pest dan Buda Hills. Di area itu ada Kantor Parlemen Hungaria, Kastil Buda, dan Gereja St Stephen Basilica.

Taj Mahal, India

Taj Mahal, India Foto: Shutter Stock

Pemerintah India melindungi situs ini dengan membuat aturan bahwa pesawat tidak boleh melintasi Taj Mahal.

Selain untuk melindungi bangunan Taj Mahal apabila terjadi kecelakaan pesawat, aturan ini juga diberlakukan agar pengunjung Taj Mahal tetap aman.

Badan keamanan nasional India menetapkan zona larangan terbang yakni dalam radius 1,5 km di atas situs bersejarah India itu.

Markas NASA Merrit Island, AS

Merrit Island merupakan markas Kennedy Space Center milik NASA (Badan Antariksa Amerika Serikat). Pesawat dilarang melintasi wilayah ini sejauh 5000 kaki di atasnya.

Larangan itu diberlakukan agar manakala ada peluncuran roket tidak akan membahayakan penerbangan sipil.

Area 51, Nevada

mediad.publicbroadcasting.net

Area 51 di Nevada, Amerika Serikat diyakini menyimpan beberapa rahasia penting yang tidak boleh dibocorkan kepada publik seperti alien, UFO, dan hal yang tidak bisa dijelaskan.

Tempat misterius yang berada di hamparan Gurun Nevada ini tidak diketahui persis titik tepatnya.

Pemerintah memberlakukan larangan terbang pada Area 51 ini untuk pesawat umum maupun militer. Namun, tidak ada kejelasan mengapa hal itu diberlakukan.

Nah, itulah beberapa lokasi dan area yang melarang pesawat terbang di atasnya. Hal itu demi keselamatan bersama, baik kru pesawat, penumpang, maupun masyarakat sekitar.

Baca berikutnya: Sandiaga Uno Sebut Bantimurung Gallang Destinasi Wisata Kelas Dunia