fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Ini 4 Bandara yang Bakal Sediakan Layanan GeNose C19

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS – Layanan GeNose C19 segera tersedia di sejumlah bandara di Indonesia.

Diketahui, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai melakukan uji coba penggunaan GeNose C19 di sektor transportasi udara mulai April 2021 mendatang.

“Pada 1 April kita akan mulai di sektor udara. Dan kita lakukan bertahap, pertama kali kita lakukan di empat bandara, bukan di Soekarno Hatta,” kata Budi dikutip dari Kontan, Rabu (17/3/2021).

ADVERTISEMENT

Penggunaan GeNose C19 di sektor transportasi udara itu, lanjut Budi, akan dimulai bertahap. Pertama akan disediakan di empat bandara. Antara lain Bandara Kualanamu Medan, Bandara Husein Sastranegara Bandung, Bandara Internasional Yogyakarta, dan Bandara Internasional Juanda Surabaya.

Baca juga:  Penemuan Bunker Narkoba di Kampus Makassar, Kemendikbud Minta PT Steril dari Peredaran

Selanjutnya, secara perlahan akan diberlakukan dan rencananya akan tersedia di seluruh bandara di Indonesia mulai 1 Mei 2021.

Selain itu, Kemenhub juga berencana menerapkan GeNose di 44 stasiun kereta api di Indonesia.

ADVERTISEMENT

“Awalnya kita tidak akan gegabah, kita lakukan dulu di kereta api. Sudah ada 14 stasiun kereta api. Kita harapkan 44 stasiun akan kita selesaikan,” ujarnya.

Baca juga:  Proses Evakuasi Ribuan Warga Terdampak Erupsi Gunung Ruang Dipercepat Dalam 3 Hari

Budi menjelaskan, GeNose C19 merupakan satu temuan anak bangsa guna melancarkan program testing dan tracing Covid-19. Menurut dia, GeNose dipilih karena memiliki biaya yang relatif murah, dan terjangkau di masyarakat.

“Mengingat biaya PCR dan antigen ini cukup memberatkan, pemerintah bersama beberapa operator telah mendorong satu temuan anak bangsa yaitu GeNose. Ini relatif lebih murah, dan terjangkau,” ujar dia.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  FPI Sulsel Geram Syekh Ali Djaber Ditikam

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan baru menerapkan GeNose C19 di sektor transportasi kereta api.

Sejauh ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) sudah menambah jumlah stasiun yang memberikan layanan pemeriksaan atau tes Covid-19 menggunakan GeNose C19.

Total ada 14 stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose. Adapun tarif untuk melakukan pemeriksaan menggunakan GeNose yaitu Rp20.000.

Baca berikutnya: Tak Ada Larangan Mudik, Ini Kata Satgas Covid-19

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Sosialisasi Operasi Patuh Pallawa 2024 di Makassar Hingga ke Warkop

LAYAR NEWS, Makassar - Memasuki hari ketiga Operasi Patuh Pallawa 2024, Satuan Lalu Lintas Polrestabes Makassar melaksanakan sosialisasi kepada...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT