fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Ini 4 Tips Melakukan Self Healing untuk Sembuhkan Luka Batin

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS – Self Healing penting sebagai sebuah proses penyembuhan luka batin atau mental yang dapat diakibatkan oleh berbagai hal.

Luka batin mungkin tidak nampak, tetapi bisa jadi lebih membekas dibandingkan luka fisik yang diterima seseorang. Jika tidak diatasi, luka batin atau mental juga bisa menghancurkan seseorang dari dalam.

Luka batin tersebut dapat bermacam-macam seperti misalnya kesedihan yang tidak berujung, merasa gagal, cemas terhadap sesuatu, hingga mengantarkan pada depresi. Biasanya, ketika seseorang mengalami luka batin, maka akan lebih sulit dilihat apalagi jika mereka tertutup.

ADVERTISEMENT

Berikut 4 tips melakukan self healing untuk menyembuhkan luka batin seperti dikutip daro OkeZone:

Baca juga:  Cara Tepat Merawat Rambut untuk Wanita Berhijab

Buat sugesti positif untuk melawan pikiran negatif

Cara berbicara kepada diri sendiri dapat membuat maju atau tetap terjebak di rasa sakit hati. Seringkali, mantra yang Kamu katakan pada diri sendiri di saat-saat kesedihan emosional dapat membantu untuk menyusun ulang pikiran.

ADVERTISEMENT

Psikolog klinis Carla Manly, mengatakan untuk mencoba membuat mantra dengan kalimat positif. Misalnya: “Saya beruntung bisa menemukan jalan baru dalam hidup yang baik untuk saya,”.

Buat jarak fisik

Tidak jarang seseorang mengatakan bahwa Kamu harus menjauhkan diri dari orang atau situasi yang menyebabkan dirimu kesal. Menurut psikolog klinis Ramani Durvasula, itu bukan ide yang buruk.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Sering Memendam Emosi? Ini Bahayanya bagi Kesehatan

“Menciptakan jarak fisik atau psikologis antara diri kita dan orang, atau situasi tertentu, dapat membantu upaya self-healing dengan alasan sederhana bahwa kita tidak harus memikirkannya, memprosesnya, atau diingatkan kembali tentang hal itu,” jelasnya.

Berikan perhatian penuh pada hari ini

Menurut Lisa Olivera, seorang terapis pernikahan dan keluarga berlisensi, semakin kita dapat fokus pada saat ini maka semakin sedikit dampak masa lalu atau masa depan kita pada kita.

Baca juga:  Mengenal Fenomena Ghosting, Kenapa Orang Melakukannya?

“Ketika kita mulai berlatih untuk memberikan perhatian penuh atas apa yang terjadi saat ini, rasa sakit kita yang memiliki kendali atas diri kita akan berkurang, dan kita memiliki lebih banyak kebebasan untuk menentukan bagaimana kita ingin menanggapi hidup kita,” ujarnya.

Biarkan emosi negatif mengalir

Alih-alih menghindari emosi negatif, ada baiknya untuk tetap membiarkannya mengalir. Emosi negatif tersebut termasuk kesedihan, kekecewaan, kemarahan, hingga kesedihan. Karena terus melawan emosi negatif juga dapat dapat membuat mu terjebak dalam penyakit batin tersebut.

Baca berikutnya: Ternyata Mencuci Piring Bisa Hilangkan Stres Loh!

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Sosialisasi Operasi Patuh Pallawa 2024 di Makassar Hingga ke Warkop

LAYAR NEWS, Makassar - Memasuki hari ketiga Operasi Patuh Pallawa 2024, Satuan Lalu Lintas Polrestabes Makassar melaksanakan sosialisasi kepada...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT