fbpx
No menu items!

Ini 6 Bahan Alami yang Bisa Dijadikan Pupuk Tanaman

Promo

LAYAR.NEWS – Pupuk diperlukan dalam rangkaian perawatan tanaman, agar dapat tumbuh sehat dan subur.

Pupuk bertujuan mengembalikan nutrisi yang sangat dibutuhkan ke dalam tanah. Tetapi dapat menjadi sesuatu yang keras bagi tanaman jika menggunakan pupuk kimia.

Untuk memberi waktu istirahat bagi taman dan menghemat pengeluaran, cobalah menggunakan bahan alami untuk menyuburkan tanaman dan taman.

Berikut enam bahan alami yang dapat dijadikan pupuk untuk menyuburkan tanaman dan taman, dikutip dari Kompas.com pada Minggu (28/11/2021):

Abu kayu bakar

Abu kayu bakar memiliki kandungan alkali yang tinggi, yang membuatnya bagus untuk menetralkan tanah asam.

Untuk menentukan apakah tanah dapat memperoleh manfaat dari aplikasi abu kayu, pertama-tama belilah alat uji pH di pusat taman mana pun dan uji sampel kecil tanah dari bedeng kebun.

Setelah itu, pastikan abu benar-benar dingin saat disentuh sebelum menambahkan abu kayu ke taman.

Soda klub

Air berkarbonasi ini mengandung makronutrien, termasuk karbon, oksigen, hidrogen, fosfor, kalium, belerang, dan natrium, yang semuanya bermanfaat untuk tanaman hijau.

Hal ini dibuktikan oleh University of Colorado Boulder, Amerika Serikat. Para peneliti menyirami sekelompok tanaman dengan soda klub selama 10 hari, yang akhirnya membuat tanaman tumbuh lebih besar.

Kulit pisang

Potong-potong kulit pisang, lalu kubur di dalam tanah saat menanam tomat, semak mawar, atau tanaman paprika hijau.

Kandungan kalium dan fosfor dalam kulit pisang akan memperkaya tanah serta memperkuat tanaman.

Air akuarium

Saat tiba waktunya untuk mengganti air akuarium, pertimbangkan menuangkan air lama ke tanaman. Limbah dan bakteri dalam air akuarium mungkin berbahaya bagi ikan, tetapi ini bermanfaat bagi tanaman.

Pastikan menggunakan air tawar, bukan air asin, dan terapkan hanya pada tanaman hias, bukan tanaman herbal, tanaman sayur, atau tanaman yang bisa dikonsumsi.

Ampas kopi

Ampas kopi tak hanya memiliki kegunaan untuk membersihkan rumah, tetapi juga sangat efektif sebagai penguat tanaman berkat kandungan kalsium, kalium, nitrogen, dan fosfornya.

Karena ampas kopi mengasamkan tanah, tanaman yang menyukai asam seperti semak mawar, cemara, dan azalea paling diuntungkan dari perawatan ini.

Sebarkan tanah segar sedikit pada dasar tanaman atau tambahkan ke tumpukan kompos sehingga akan bercampur dengan sisa makanan serta daun lain untuk menciptakan tanah yang subur.

Cangkang telur

Karena kaya kalsium, cangkang telur bisa digunakan untuk menyuburkan tanah tanaman.
Caranya, cuci cangkang telur, lalu hancurkan, dan tambahkan ke tanaman seperti tomat yang sering diganggu oleh kekurangan kalsium.

Ketika bibit sudah cukup besar untuk ditransplantasikan, tanam langsung cangkang telur pada tanah dan cangkang akan terurai seiring waktu.

Baca berikutnya: Lakukan 5 Hal Ini Agar Rumah Tidak Lembap saat Musim Hujan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Tipe Teman Toxic yang Perlu Kamu Hindari

Terjebak dalam lingkaran pertemanan yang toxic tentu dapat membawa dampak yang negatif, hingga memicu stres berlebih.

Populer

Berita Terkait