fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Ini 8 Fitur Rahasia WhatsApp dan Cara Memakainya

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS – Whatsapp menjadi salah satu aplikasi perpesanan yangnbanyak digunakan oleh pengguna gadget di Indonesia.

Guna memudahkan pengguna, Whatsapp menghadirkan berbagai fitur-fitur menarik. Namun, ada beberapa fitur yang tidak banyak diketahui oleh pengguna.

Berikut 8 fitur rahasia Whatsapp dan cara menggunakannya, seperti dilansir dari DetikINET pada Kamis (14/11/2021).

ADVERTISEMENT

Menghapus pesan secara otomatis

Dengan mengaktifkan fitur ‘Disappearing Messages’ maka semua pesan percakapan akan hilang dari ruang obrolan setelah tujuh hari.

Fitur ini juga akan melegakan memori ponsel serta memudahkan pengguna untuk menghapus pesan-pesan yang sudah lama.

ADVERTISEMENT

Caranya, masuk ke aplikasi WhatsApp > buka obrolan yang dituju personal ataupun grup > ketuk nama kontak atau grup di bagian atas > lalu aktifkan opsi ‘Disappearing Messages’

Menyematkan kontak paling atas

Di WhatsApp tentu kita memiliki banyak percakapan baik secara personal ataupun di grup. Nah saking banyaknya kadang kontak-kontak penting tenggelam ke bawah. Misal saja kontak penting itu dari keluarga, orangtua atau pasangan yang sering melakukan obrolan.

ADVERTISEMENT

Demikian agar kontak tersebut tetap di atas dan terus terlihat maka ada fitur pin sehingga percakapan dengan kontak ini akan diletakkan paling atas secara permanen.

Baca juga:  Optimalkan Aktivitas Gaming, Samsung Luncurkan GameDriver

Caranya, masuk ke WhatsApp > tekan lama kontak yang dituju > lalu pin di bagian atas pilih gambar pin.

Menandai pesan penting

Banyak obrolan-obrolan di WhatsApp yang dinilai penting seperti urusan keluarga, pekerjaan, sekolah dan lainnya. Nah agar tidak lupa pengguna bisa menandai pesan tersebut. Jadi jika sewaktu dibutuhkan mudah mencarinya.

Caranya, buka aplikasi WhatsApp > masuk ke dalam obrolan yang dituju > tekan lama salah satu pesan pentingnya > lalu ketuk ‘Star’ atau ikon bintang.

Custom Notifikasi

Alih-alih memiliki suara notif yang sama untuk setiap pesan masuk, kamu dapat mengatur notif khusus untuk setiap kontak. Ini supaya kamu bisa mengetahui siapa yang sedang menghubungi kamu.

Pengguna Android tinggal melakukan ini. Pertama-tama, ketuk ikon Menu saat melihat utas obrolan. Selanjutnya pilih View Contact > Custom Notification, centang kotak dan kemudian selesaikan pengaturannya.

Bagi mereka yang menggunakan WhatsApp di iPhone, ketuk nama kontak saat melihat utas obrolan, lalu pilih Custom Tone.

Baca juga:  Malam Ini Microsoft Bakal Luncurkan Windows 11

Melihat dengan siapa kamu paling sering ngobrol

Pengguna dapat mengetahui siapa orang yang sering ditemani ngobrol menggunakan aplikasi whatsapp.

Caranya, buka aplikasi WhatsApp > ketuk tiga titik di ujung kanan atas lalu pilih settings (setelan) > pilih Data & Storage (penyimpanan dan data) > buka Manage storage (kelola penyimpanan)

Setelah itu akan muncul daftar kontak yang paling sering mengirim pesan dengan kamu di WhatsApp. Kamu juga dapat mengetuk setiap kontaknya untuk melihat lebih detailnya.

Matikan auto unduh media

Fitur ini cukup membantu untuk menghemat data dan ruang penyimpanan.

Biasanya di grup ada saja yang kerap mengirimkan foto dan video, jika terunduh otomatis akan membuat penyimpanan cepat penuh.

Nah, untuk menghemat data seluler dan menghemat memori penyimpanan cukup menonaktifkan fitur otomatis penyimpanan.

Caranya, masuk aplikasi WhatsApp > setelan > pilih data and storage usage, pilih media auto-download (Pengaturan – Penggunaan data & penyimpanan Otomatis unduh media).

Pada when using mobile data (Ketika terhubung ke Data Selular) unchecklist semua media, begitupun pada menu when connected on Wi-Fi (Ketika terhubung ke Wi-Fi).

Baca juga:  Ciri-ciri Laher Sepeda Motor Mulai Rusak

Ekspor percakapan

Kamu dapat mengekspor percakapan jika kamu memang perlu menyimpannya. Saat melihat percakapan, pengguna Android perlu mengetuk tombol Menu diikuti oleh More > Export Chat.

Di iPhone, prosesnya mirip yakni dengan melihat utas obrolan, mengetuk nama kontak di bagian atas layar, lalu menggulir ke bagian bawah halaman Contact Info dan memilih Eksport Chat.

Menghapus file dengan cepat

Kiriman foto dan video di WhatsApp akan membuat memori internal penyimpanan ponsel penuh dan bisa saja membuat ponsel menjadi lamban.

Sementara menghapusnya satu per satu dari setiap obrolan akan terlalu merepotkan. Mengutip Pocket-lint, kamu bisa menghapusnya dengan cepat melalui salah satu fitur WhatsApp yang jarang diketahui.

Caranya, masuk aplikasi WhatsApp > setelan > pilih penyimpanan dan data > kelola penyimpanan > Di bawah bagian ‘Review and Delete’, Anda bisa mengetuk tab ‘Larger Than 5 MB’ atau ‘Forwarded Many Times’ > setelah itu Pilih file yang akan dihapus, lalu hapus.

Baca berikutnya: Begini Cara Aktifkan Kunci Sidik Jari di Whatsapp

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Grand Opening Modena Home Center di Rolling Hills Makassar

Modena Home Center membuka cabang baru di Kota Makassar
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT