fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Ini Ancaman Hukuman Bagi Penimbun Minyak Goreng

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS, MAKASSAR – Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan dengan menetapkan satu harga minyak goreng di seluruh Indonesia.

Per 1 February, Harga Eceran Tertinggi atau HET minyak goreng curah ditetapkan dengan harga Rp11.500 per liter, sedangkan kemasan sederhana Rp13.500 ribu per liter, dan kemasan premium tetap Rp14 ribu per liter.

Harga tersebut jauh di bawah harga sebelumnya yang sempat melonjak di akhir tahun 2021. Kebijakan minyak goreng satu harga dilakukan oleh pemerintah untuk stabilisasi harga. Namun, untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan seperti penimbunan terhadap minyak goreng tersebut, Polisi bersama Dinas Perdagangan kota maupun provinsi terus melakukan pengawasan.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Per 1 Februari, Harga Minyak Goreng Eceran Rp11.500

Tertuang dalam undang-undang tentang perdagangan, ancaman hukumannya untuk pelaku penimbun antara 5 tahun penjara atau pidana denda paling banyak Rp50 miliar.

Ditegaskan dalam Pasal 107 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan yang berbunyi: Pelaku Usaha yang menyimpan Barang Kebutuhan pokok dan/atau Barang penting dalam jumlah dan waktu tertentu pada saat terjadi kelangkaan Barang, gejolak harga, dan/atau hambatan lalu lintas Perdagangan Barang dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp 50 miliar.

Baca juga:  Warga Keluhkan Minyak Goreng Mulai Langka di Makassar

Tidak hanya diberikan sanksi hukuman penjara, pedagang ataupun distributor yang tidak mengikuti kebijakan pemerintah terkait satu harga akan diberikan sanksi.

ADVERTISEMENT

“Sanksinya bertahap mulai dari teguran sampai penutupan atau pencabutan izin usaha. Itu sanksi dari kita di Dinas Perdagangan,” tegasnya.

Baca berikutnya: Kadis Perdagangan Makassar Tegaskan Tidak Ada Penimbunan Minyak Goreng

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Gebrakan Asmo Sulsel, Kenalkan Seri Terbaru Honda BeAT di Ambon

Astra Motor Sulawesi Selatan main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon, meluncurkan All New Honda BeAT series terbaru
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT