fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Ini Bedanya Cukai dan Pajak Rokok

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Cukai dan pajak rokok merupakan dua jenis pungutan yang dikenakan terhadap rokok. Namun, kedua jenis pungutan ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Begitu juga dengan pajak rokok atas rokok elektrik sebagai konsekuensi atas pengenaan cukainya sejak tahun 2018. 

“Pada dasarnya cukai dan pajak rokok bertujuan untuk melindungi pelaku industri tembakau dan masyarakat melalui instrumen fiskal,” tulis penjelasan yang diunggah pada akun resmi Instagram Bea Cukai Makassar yang dilansir Senin, 29 Januari 2024.

Baca juga:  Pj Gubernur Sulsel Terbitkan Surat Edaran Imbauan ke TPS di Pemilu 2024, Begini Isinya

Menurut Bea Cukai, keduanya merupakan kebijakan pengendalian konsumsi, pengawasan, peredaran, sekaligus menekan dampak negatif yang terjadi di masyarakat atau lingkugan. Cukai, merupakan pungutan resmi yang sifatnya disesuaikan dengan kebijakan yang berlaku. 

ADVERTISEMENT

Cukai rokok adalah pungutan yang dikenakan terhadap Barang Kena Cukai (BKC) berupa hasil tembakau, yang meliputi sigaret, cerutu, rokok daun, tembakau iris, dan hasil pengolahan tembakau lainnya, dengan tidak mengindahkan digunakannya atau tidak bahan pengganti atau bahan pembantu dalam pembuatan.

Baca juga:  Pahami Tata Cara Gunakan Hak Pilih di TPS

Sementara pajak rokok, merupakan pungutan yang wajib serta bersifat memaksa, tanpa adanya balas jasa secara langsung. Pada cukai, berupa jumlah dalam rupiah untuk setiap batang atau gram hasil tembakau. Tarif ini dikenakan pada rokok konvensional. 

Sedangkan pajak rokok, berjumlah 10 persen dari cukai rokok. Cukai bertujuan mengendalikan konsumsi dan efek negatif bagi lingkungan dan kesehatan. Pajak rokok, melindungi masyarakat dari dampak negatif rokok, meningkatkan pendanaan fungsi pelayanan kesehatan masyarakat dan PAD.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Ditaklukan Uzbekistan di Semifinal Piala Asia, Timnas Indonesia U-23 Berjibaku Kejar Tiket Olimpiade

(Sumber foto: Pajak.com)

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

1.236 Gen Z, Ikut Kompetisi Pidato Nasional Moderasi Beragama

LAYAR NEWS, Jakarta - Ribuan siswa dari berbagai lembaga pendidikan, tercatat telah memenuhi pendaftaran Kompetisi Pidato Nasional 2024. Tercatat,...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT