fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Ini Cara BPBD Makassar Hilangkan Trauma Anak-anak Korban Bencana

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, MAKASSAR – Salah satu tugas pokok Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar adalah membantuk korban bencana terdampak untuk bangkit dan melawan trauma yang dialami pasca menjadi penyintas bencana.

Sepert yang terlihat Puluhan siswa di SD Inpres Kajenjeng didampingi guru menjalani pemulihan melalui terapi trauma pasca bencana banjir.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Rutin Apel Pagi Kecamatan Rappocini, Lurah Minasa Upa Giliran Jadi Pembina

Pemulihan ini merupakan simulasi situasi penanganan psikologis bagi anak-anak terdampak bencana sebagai rangkaian proses pelatihan pendampingan oleh tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Makassar, Maharuddin menyebut pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan personel tim psikolog BPBD dalam menjalankan tugasnya.

“Sekaligus mengedukasi anak didik agar memahami tentang potensi bencana yang ada di sekitar mereka,” ujar Maharuddin, Kamis (16/06/2022).

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Bantu Wujudkan Mimpi Tahfidz Al-Quran Jadi Polisi, D'Mentor Academy Beri Beasiswa Pendidikan 

Penanganan anak-anak korban terdampak bencana, kata Maharuddin perlu usaha lebih, khususnya yang menyangkut persoalan psikologis.

“Dampak traumatis bagi anak-anak korban bencana sangat besar dan bisa berdampak buruk bagi tumbuh kembangnya, maka dari itu kita menaruh perhatian khusus menyangkut anak-anak ini,” sambungnya.

Anak-anak yang meramaikan pelatihan ini nampak ceria. Bagaimana tidak, proses pendampingan dari BPBD Makassar dikemas dalam ragam kegiatan permainan yang menyenangkan.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Cuaca Ekstrem, BPBD Makassar Waspadai Dua Titik Rawan Banjir

“Contohnya ada permainan ular tangga tanggap bencana, bisa bermain sambil belajar,” tutupnya

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Perjuangan Berat Timnas Menanti di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Secara peringkat dunia perjuangan Indonesia memang berat untuk bisa langsung lolos dari babak ketiga karena bercokol dengan sejumlah negara kuat Asia.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT