fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Ini Cara Menjaga Kualitas Hidup dengan Glaukoma

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, JAKARTA – Glaukoma, sering disebut sebagai “pencuri penglihatan diam-diam”, adalah sekelompok kondisi mata yang merusak saraf optik, yang menyebabkan hilangnya penglihatan secara progresif.

Ditulis laman Hindustan Times, Sabtu, Ahli Bedah Mata dan Consults on Practo Dr Swati Agarwal mengatakan setiap individu harus memahami tantangan yang dihadapi saat didiagnosis glaukoma dan harus menyadari untuk mempertahankan kualitas hidup dengan manajemen glaukoma yang tepat.

Ia memberikan rekomendasi untuk mengatasi glaukoma yakni melakukan pemeriksaan mata secara teratur.

ADVERTISEMENT

Deteksi dini adalah kunci untuk menangani glaukoma. Jadwalkan pemeriksaan mata secara rutin dengan dokter mata untuk memantau kesehatan mata dan mendeteksi adanya perubahan pada kondisi Anda.

Baca juga:  Dorong Perda Penanggulangan TBC di Makassar, Yamali TB Audiensi ke DPRD

Kedua, patuhi dan ikuti rencana perawatan secara rutin. Perawatan glaukoma sering kali melibatkan obat tetes mata, obat oral, terapi laser, atau pembedahan.

Sangat penting untuk mengikuti rekomendasi dokter dan mematuhi rencana perawatan Anda untuk mengontrol tekanan intraokular dan mencegah kehilangan penglihatan lebih lanjut.

ADVERTISEMENT

Selain itu Agarwal mengatakan penting juga untuk pantau tekanan intraokular, yaitu perubahan struktural dan fungsional pada saraf optik.

Baca juga:  Hal yang Mesti Disiapkan Penderita Diabetes Sebelum Berangkat Haji

Ini menunjukkan tanda memburuknya glaukoma dan mungkin memerlukan penyesuaian pada rencana perawatan Anda.

Memilih untuk menjalani gaya hidup sehat juga bisa menjadi jalan terbaik yang bisa diambil jika anda didiagnosis menderita glaukoma. Konsumsi makanan bergizi seimbang, rutin berolahraga dan hindari stres serta jauhi rokok.

ADVERTISEMENT

Ia juga menyarankan untuk bergabung dengan kelompok dukungan atau terhubung dengan orang lain yang menderita glaukoma.

Berbagi pengalaman dan tips dengan orang lain dapat memberikan dukungan emosional yang berharga dan nasihat praktis untuk mengatasi kondisi tersebut.

Baca juga:  Pasca Pelarangan Obat Sirup, DPR Imbau Masyarakat Tak Gegabah Gunakan Obat

Terakhir, tetaplah terinformasi mengenai glaukoma dan terus dapatkan informasi tentang kemajuan dalam pilihan pengobatan.

Pengetahuan dapat memberdayakan Anda untuk mengambil peran aktif dalam mengelola kesehatan mata dan membuat keputusan yang tepat mengenai perawatan Anda.

Dengan memasukkan tips-tips ini ke dalam rutinitas harian dan bekerja sama dengan tim perawatan mata, Anda dapat mengatasi glaukoma secara efektif dan mempertahankan kualitas hidup yang tinggi.

“Ingat, deteksi dini dan penanganan proaktif adalah kunci untuk mempertahankan penglihatan Anda selama bertahun-tahun yang akan datang,” kata Agarwal.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

68 Kasus Kebakaran di Makassar Sejak Januari-Juni 2024, Objek Ini yang Terbanyak

Petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Makassar mengumumkan data penanganan kasus sepanjang Januari hingga Juni 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT