fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Ini Satker Kemenag Sulsel yang Segera Diperiksa BPK, Kenapa?

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Sejumlah satuan kerja (Satker) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan, dijadwalkan segera diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Totalnya ada lima satker yang dijadikan sebagai sasaran sampel dalam memberikan data dan informasi yang dibutuhkan. 

“Kami meyakini kehadiran BPK di Sulsel akan membawah manfaat dan membawa ilmu. Kedatangan beliau selain untuk meng-clearkan laporan keuangan, Insya Allah juga akan membagi ilmunya tentang tips dan trik membuat laporan keuangan yang baik dan benar,” kata Plt Kepala Kemenag Sulsel Ali Yafid dilansir dari laman resmi Kemenag Sulsel, Jumat, 16 Februari 2024.

Lima satker yang menjadi sampel di Sulsel, yaitu UIN Alaudin Makassar, UPT Asrama Haji Makassar, Balai Diklat Keagamaan Makassar (BDK), Balai Litbang Agama Makassar dan khususnya Kanwil Kemenag Sulsel agar membantu BPK dalam melakukan pemeriksaan, seperti menyediakan data-data yang dibutuhkan.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Makassar Raih Penghargaan Adipura 2023, Direksi Perumda Pasar; Ini Berkat Kerja Sama Tim

“Saya mohon kiranya teman-teman dari masing-masing Satker, terkhusus Kanwil Kemenag Sulsel agar disiapkan apa yang dibutuhkan (data) oleh tim auditor demi efektifitas dan efisiensi waktu,” imbau Ali Yafid.

Sementera itu, Ketua Tim 2 Auditor BPK RI, Cendy Arvian membeberkan maksud lawatannya bersama Tim 9 kali ini adalah untuk melaksanakan pemeriksaan terhadap sampel di wilayah Kemenag Sulsel selama 25 hari kedepan terhitung mulai tanggal 15 Februari 2024. 

“Pemeriksaan di Sulsel akan dilaksanakan selama 25 hari kalender. Mudah-mudahan semuanya lancar. Di Kemenag itu ada lebih lima ribu Satker, jadi ada sample seperti survei  Pilpres. Semoga bisa memberi gambaran yang bisa mewakili populasi kemenag secara keseluruhan,” ungkapnya.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Pemkot Makassar dan Kerajaan Inggris Wujudkan Transportasi Rendah Karbon di Makassar

Kata Cendy Arvian, ini merupakan kegiatan rutin. “Yang kami periksa adalah kesesuaian laporan keuangan dengan standar akuntansi pemerintahan dan kepatuhan atas peraturan perundang-undangan, serta efektifitas dari sistem pengendalian internal dan kecukupan pengungkapan atas laporan keuangan Kemenag,” sebutnya.

Pemeriksaan ini merupakan rangkaian dari seluruh proses pemeriksaan di seluruh wilayah Indonesia, dimana hasil pemeriksaan tersebut akan digunakan untuk menyusun laporan keuangan pemerintah pusat yang nantinya akan disampaikan kepada Presiden dan DPR.

Baca juga:  Bagaimana Kabar Difabel di Panti-Balai Rehabilitasi di Masa Pemilu 2024?

“Kemenag telah meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Semoga ini bisa dipertahankan, dan kami harapkan ada peningkatan dalam hal berkurangnya permasalahan  yang diungkapkan dalam laporan keuangan dan juga peningkatan dalam penyelesaian atas tindak lanjut rekomendasi yang telah kami berikan,” terangnya.

ADVERTISEMENT

Berikut jadwal pemeriksaan pada Satker Kemenag di wilayah Provinsi Sulsel, 15 hingga 17 Februari dan 7 hingga 10 Maret 2024 Kanwil Kemenag Sulsel, 18 hingga 24 Februari 2024 UIN Alaudin Makassar, 25 hingga 28 Februari 2024 BDK, 29 Februari hingga 2 Maret 2024 BLA Makassar dan 3 hingga 6 Maret 2024 UPT Asrama Haji Makassar. 

(Sumber foto: Kemenag Sulsel)

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Tiga Nama Calon Bupati Takalar Bersaing Dapatkan Rekomendasi PPP

Layar.news, Takalar - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Takalar bakal segera mengeluarkan surat rekomendasi dukungan calon bupati Takalar.Ketua DPC PPP...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT