fbpx
No menu items!

Ini Tanda-tanda Kamu Membenci Diri Sendiri

Promo

LAYAR.NEWS – Rasa benci tidak hanya bisa tertuju pada orang lain, tetapi juga pada diri sendiri. Membenci diri sendiri bukanlah hal yang dapat disepelekan, karena berdampak buruk bagi kesehatan mental dan kehidupan sosial.

Orang yang membenci dirinya sendiri sering kali akan menyalahkan diri atas semua hal yang terjadi di kehidupannya. Meskipun kesalahan yang dibuat tidak disengaja, ia akan tetap merasa bahwa kesalahan yang dibuat telah menghancurkan segalanya.

Munculnya perasaan marah, malu, kecewa, membenci diri sendiri, atau perasaan negatif lainnya ketika mengalami kegagalan adalah hal yang normal, jika hanya muncul dalam waktu singkat.

Baca juga:  Awas! 5 Jenis Perawatan Kecantikan Ini Dilarang dalam Islam

Namun, jika berlarut-larut dan sulit diubah menjadi pikiran yang positif, rasa membenci diri sendiri bisa berbahaya atau menjadi toxic.

Membenci diri sendiri (self-hatred atau self-loathing) bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari sifat perfeksionis atau memiliki harapan terlalu tinggi, tidak percaya diri atau memiliki self-esteem yang rendah, hingga gangguan mental tertentu, misalnya depresi dan gangguan bipolar.

Tidak hanya itu, orang yang memiliki sifat membenci diri sendiri juga mungkin pernah mengalami peristiwa traumatis, seperti pelecehan fisik, seksual, atau emosional.

Baca juga:  Jangan Lebih atau Kurang, Segini Kebutuhan Vitamin D Harian

Nah, berikut tanda-tanda jika seseorang membenci diri nya sendiri seperti dikutip dari Alo Dokter:

  • Terlalu fokus pada hal yang negatif atau pesimistis berlebihan (Meski sedang mengalami hal yang baik, pikirannya akan tertuju pada kemungkinan buruk yang bisa terjadi).
  • Sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain dan cenderung rendah diri
  • Tidak percaya diri
  • Sulit menerima pujian dari orang lain dan berpikir bahwa hal itu hanyalah sikap manipulatif atau tidak tulus
  • Selalu merasa seperti orang asing yang tengah menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar dan merasa bahwa orang lain tidak menyukai dirinya
  • Sulit menerima kritikan atau pendapat orang lain dan menganggapnya sebagai hinaan atau serangan yang bersifat pribadi
  • Sering merasa cemburu terhadap orang lain
  • Berpikir bahwa setiap hubungan ia dengan orang lain akan berakhir buruk
  • Enggan untuk memiliki impian karena takut akan kegagalan
Baca juga:  Doyan Makan Ceker? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Sikap membenci diri sendiri meningkatkan risiko seseorang untuk melakukan perilaku yang merusak diri, seperti makan berlebihan, mengasingkan diri, merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, atau menggunakan obat-obatan terlarang. Orang yang terlalu membenci dirinya sendiri juga rentan merasa ingin bunuh diri.

Baca juga:  Lagu Terngiang Meski Tak Sedang Mendengarkannya, Ini Penjelasannya

Apabila Kamu merasa tanda-tanda yang telah disebutkan merujuk pada dirimu, cobalah untuk melakukan konsultasi dengan psikolog atau psikiater agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca berikutnya: Berikut Cara Memperbaiki Suasana Hati Agar Lebih Produktif

Terkini

Danny Tegaskan Soal Aturan Berkendara Saat PPKM Level IV

Danny Pomanto menegaskan aturan perjalanan selama PPKM Level IV di Makassar hanya menyasar pada transportasi umum.

Populer

Berita Terkait