fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Ini Tips Terhindar Kanker Prostat, Salah Satunya Bercinta

Promo

ADVERTISEMENT

Layar.news – Kanker prostat menjadi salah satu masalah kesehatan yang mengancam pria. Tumbuh di kelenjar prostat. Biasanya, penderita akan menunjukkan gejala seperti rasa nyeri saat buang air kecil, intensitas buang air kecil berlebihan, hingga munculnya darah pada urine.

Sel kanker bisa tumbuh pada prostat secara perlahan tanpa disadari, bahkan menyebar dengan sangat cepat.

Penyakit ini menempati urutan ke-6 sebagai penyebab kematian pria terbanyak. Pada tahun 2013 jumlah penderita kanker prostat di Indonesia telah mencapai jumlah 25.012 orang.

ADVERTISEMENT

Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda melakukan pencegahan kanker prostat sejak dini agar penyakit ini tidak mengancam nyawa Anda.

Agar dapat terhindar dari penyakit ini, berbagai cara mencegah kanker prostat dapat Anda lakukan, di antaranya:

Kurangi Konsumsi Lemak Hewani dan Produk Susu

Penelitian menunjukkan pria yang mengonsumsi makanan tinggi lemak hewani seperti susu, keju, dan daging merah memiliki risiko kanker prostat yang lebih tinggi.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Pahami, Ini Beragam Penyebab Nyeri Haid yang Tidak Normal

Dr. David Wise dari Perlmutter Cancer Centre di NYU Langone, Amerika Serikat menyarankan agar kita mengonsumsi lemak sehat yaitu lemak yang berasal dari alpukat dan kacang-kacangan.

Hindari Gaya Hidup Merokok

Merokok juga dapat meningkatkan risiko kanker prostat. Penelitian sebelumnya menyebutkan perokok berisiko sekitar 24 hingga 30 persen lebih besar untuk mengalami kanker prostat.

Merokok bisa menyebabkan seseorang terkena kanker prostat agresif, yaitu jenis kanker yang penyebarannya lebih cepat.

ADVERTISEMENT

Perbanyak Konsumsi Sayuran dari Keluarga Cruciferous

Sayuran yang berasal dari keluarga cruciferous ini memiliki manfaat yang telah teruji untuk membantu mencegah kanker.

Berdasarkan data National Cancer Institute, sayuran ini kaya akan nutrisi seperti karotenoid, vitamin C, E, dan K, folat, serta mineral.

Selain itu, sayuran ini juga mengandung sekelompok zat yang dinamakan glucosinolates, alias bahan kimia yang mengandung sulfur.

Baca juga:  Teknik Proning, Bantu Tingkatkan Saturasi Oksigen Pengidap Covid-19

Ketika sayuran ini mulai masuk ke saluran pencernaan, zat glucosinolates dipecah untuk membentuk senyawa aktif yang bisa memberikan efek antikanker.

Jenis sayuran cruciferous yaitu bokchoy, brokoli, kubis, kembang kol, lobak, dan selada air.

Menjaga Berat Badan Ideal

Banyak penelitian membuktikan berat badan berlebih dapat meningkatkan risiko kanker prostat.

Sayangnya, peneliti juga belum menemukan hubungan pasti mengapa kegemukan membuat seseorang menjadi lebih rentan terkena kanker prostat.

Namun, lebih baik kita melakukan langkah pencegahan dengan menjaga pola makan demi menjaga kesehatan tubuh.

Olahraga Teratur

Dengan berolahraga teratur membantu menjaga tubuhtetap sehat dan bugar, termasuk mencegah risiko kanker prostat.

Banyak olahraga juga membantu mempertahankan berat badan ideal. Kita hanya perlu melakukan olahraga 15 hingga 30 menit setiap hari atau tiga jam dalam seminggu untuk mendapatkan manfaatnya.

Baca juga:  Awas! 5 Jenis Perawatan Kecantikan Ini Dilarang dalam Islam

Hindari Suplemen Vitamin E Tambahan

Penelitian 2014 yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute mengklaim terlalu banyak mengonsumsi vitamin E dapat meningkatkan risiko kanker prostat agresif.

Kita hanya perlu mengonsumsi Vitamin E harian sebanyak 15 miligram dari makanan yang biasa kita makan sehari-hari seperti almond, bayam, brokoli, dan alpukat.

Sering Bercinta

Sering bercinta ternyata tak hanya membuat hubungan suami-istri menjadi lebih intim. Peneliti asal Australia, Graham Gliles mengklaim, melakukan ejakulasi secara teratur membantu membersihkan zat karsinogen yang terkandung di dalam cairan semen.

Lewat cara ini, risiko timbulnya kanker prostat di tubuh pun menjadi berkurang. Temuan tersebut diperoleh dengan meneliti 2.338 pria.

Penelitian juga menguak fakta pria yang masturbasi selama lima kali atau lebih dalam seminggu ternyata memiliki kemungkinan 34 persen lebih kecil untuk terkena kanker prostat di usia 70 tahun.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Anak Pengungsi Somalia di Makassar Boyong 2 Piala Ramadan Ceria, Lomba Adzan dan Tahfidz Al-Quran 

Anak pengungsi asing asal Somalia di Makassar memboyong 2 piala dalam lomba Ramadan Ceria yang digelar Rudenim Makassar.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT