fbpx
No menu items!

Jabat Profesor Kehormatan Unhas, SYL Tetap Fokus Tugas Mentan

LAYAR.NEWS, MAKASSAR – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) resmi menjabat profesor kehormatan dari Universitas Hasanuddin (Unhas), Kamis (17/3/2022).

Menyandang jabatan Professor Kehormatan, maka SYL memiliki kewajiban untuk menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi.

Usai menyampaikan orasi ilmiah di Ruang Senat Lantai 2 Gedung Rektorat Unhas Tamalanrea Makassar, SYL menyatakan akan tetap menjalankan tugas utamanya sebagai Menteri Pertanian RI.

“Profesor itu kan simbolisasi akademik dalam suatu proses perjalanan. Saya punya tugas menteri begitu banyak tapi tidak berarti tidak bisa melakukan sharing ke universitas,” kata SYL.

Mantan Gubernur Sulsel dua periode ini mengaku akan membagi ilmu dan pengalaman yang dia miliki. Apalagi dia telah memiliki pengalaman setelah berkarir diperintah kurang lebih 38 tahun, yakni sejak 1982 hingga sekarang.

“Aku punya teaching knowledge yang mungkin orang lain butuhkan. Di situlah posisi kita. Kalau kita mau mengabdi pada bangsa ini terbuka begitu banyak,” kata SYL.

Pada pengukuhannya sebagai Profesor Kehormatan Unhas, SYL menyampaikan orasi ilmiah bertajuk “Hibridisasi Hukum Tata Negara Positivistik dengan Kearifan Lokal dalam Mengurai Kompleksitas Kepemerintahan”.

Nampak sejumlah tokoh hadir, antara lain Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Rektor IPB University Arif Satria, Rektor Universitas Negeri Syarif Hidayatullah Amany Burhanuddin Umar Lubis, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, dan Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unhas Andi Amran Sulaiman.

Baca berikutnya: IKAJO Sulsel Gelar Webinar Nasional Bahas Presidensi G20 Indonesia